Comscore Tracker

Satgas COVID-19 Periksa Kesiapan Bioskop di Kota Malang   

Pengelola mulai penuhi standar protokol kesehatan 

Malang, IDN Times - Kota Malang saat ini masuk zona oranye COVID-19. Kondisi tersebut disambut baik oleh pengusaha bioskop. Sabagai kesiapan membuka kembali bioskop, Satgas COVID-19 mengecek standar protokol kesehatan di bioskop-bioskop Kota Malang, Jumat (23/10/2020).

1. Pengelola sudah perhatikan protokol COVID-19

Satgas COVID-19 Periksa Kesiapan Bioskop di Kota Malang   Pemberian hand sanitizer kepada pengunjung yang akan masuk ke dalam studio bioskop. IDN Times/Alfi Ramadana

Juru bicara Satgas COVID-19 Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah mengecek kesiapan dua bioskop. Yakni Movimax Sarinah dan Dinoyo. Sebelumnya, pengelola dua bioskop tersebut mengajukan surat ke Dinas Kesehatan jika mereka siap buka lagi.

"Setelah ada surat dari pengelola bioskop, kami lakukan pengecekan untuk kesiapan protokol kesehatannya. Pengecekan dilakukan menyeluruh, mulai dari pintu masuk sampai keluar. Sejauh ini dua bioskop tersebut sudah memenuhi protokol kesehatan," jelas Husnul.

2. Masih perlu melengkapi air purifier

Satgas COVID-19 Periksa Kesiapan Bioskop di Kota Malang   Petugas bioskop memeriksa suhu tubuh pengunjung yang akan nonton film. IDN Times/Alfi Ramadana

Dari dua bioskop yang diperiksa, menurut Husnul, secara umum protokol kesehatan yang diterapkan sudah siap. Hanya saja, mereka masih harus mempunyai air purifier. Alat itu berfungsi sebagai penyerap dan penyaring udara di dalam gedung bioskop agar sirkulasi menjadi lebih baik. 

"Poin yang menjadi kekurangan tersebut langsung kami sampaikan ke pengelola gedung bioskop," tambahnya. 

Baca Juga: Imbau Warga Tetap di Rumah, Pemkot Malang Antisipasi Long Weekend

3. Buka atau tidaknya bioskop tergantung keputusan wali kota Malang

Satgas COVID-19 Periksa Kesiapan Bioskop di Kota Malang   Kondisi di dalam studio bioskop. Tempat duduk dibuat physical distancing. IDN Times/Alfi Ramadana

Hasil pengecekan tersebut kemudian dilaporkan ke Ketua Satgas COVID-19 untuk nantinya diteruskan ke Wali Kota Malang, Sutiaji. Kendati sudah dicek, bukan berarti bioskop bisa langsung buka. Keputusan boleh atau tidaknya buka ada di tangan wali kota Malang. 

"Kapasitas saya sebagai perwakilan Dinas Kesehatan hanya meninjau, melaporkan, dan merekomendasikan. Keputusannya nanti tentu dari wali kota Malang," sambungnya. 

4. Berharap bisa segera dapat izin

Satgas COVID-19 Periksa Kesiapan Bioskop di Kota Malang   Pelayanan tiket bioskop dilakukan dengan meminimalisir kontak. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, Manajer Movimax Sarinah, Wanda Juliant berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memberi izin untuk membuka bioskop. Sudah 7 bulan lamanya bioskop di Kota Malang tutup lantaran pandemik. Selama ini pihakya sudah berupaya untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan. 


"Sudah tujuh bulan kami tidak beroperasi. Untuk itu kami berharap diperbolehkan beroperasi kembali agar paling tidak bisa bertahan dan tidak sampai melakukan PHK kepada karyawan," harapnya.

5. Sudah penuhi segala protokol kesehatan

Satgas COVID-19 Periksa Kesiapan Bioskop di Kota Malang   Petugas bioskop memeriksa suhu tubuh pengunjung yang akan nonton film. IDN Times/Alfi Ramadana

Wanda menegaskan bahwa pihaknya sudah siap menerapkan protokol kesehatan. Antara lain, pemeriksaan suhu tubuh, pemberian hand sanitizer, hingga physical distancing dengan mengosongkan beberapa kursi penonton. Sedangkan untuk air purifier, pihaknya memastikan sudah mempunyai alat itu dan tinggal dipasang saja. 

"Kapasitas studio juga sudah kami kurangi hingga 50 persen. Karyawan juga menggunakan perlindungan lengkap mulai masker, sarung tangan, face shield. Tentu kami tidak bisa semena-mena sampai (mendapat) rekomendasi resmi dari satgas, tetapi besar harapan kami agar segera diperbolehkan buka lagi," tukasnya.

Baca Juga: Bioskop CGV Bakal Buka tapi Cinema XXI Masih Ogah! 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya