Seluruh Korban Banjir Bandang Batu Ditemukan 

Total korban meninggal menjadi 7 orang   

Batu, IDN Times - Pencarian korban banjir bandang Kota Batu secara resmi sudah dihentikan. Seluruh korban banjir bandang telah berhasil ditemukan. Laporan awal menyebutkan ada 15 orang yang dilaporkan hilang. Namun, setelah melalui beberapa verifikasi, tim tanggap darurat memastikan bahwa korban banjir bandang hanya 13 orang. Rinciannya adalah 6 orang selamat, dan 7 orang meninggal dunia. 

1. Korban terakhir ditemukan Sabtu pagi

Seluruh Korban Banjir Bandang Batu Ditemukan Petugas gabungan TNI, Polri, BPBD hingga Basarnas dibantu warga terus membersihkan sisa-sisa material banjir bandang. IDN Times/Alfi Ramadana

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menjelaskan bahwa korban terakhir yang ditemukan atas nama Tokip, warga RT6 RW 4 Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia pada Sabtu (6/11/2021). Korban ditemukan di Dusun Gintung, Desa Bulukerto kurang sejauh 50 meter dari lokasi hilang.

"Tadi ditemukan oleh tim evakuasi sekitar pukul 10.00 WIB," paparnya Sabtu (6/11/2021). 

2. Sempat ada data dobel

Seluruh Korban Banjir Bandang Batu Ditemukan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso saat menyampaikan keterangan terkait banjir bandang di Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebelumnya, informasi menyebutkan bahwa korban yang hilang masih tiga orang. Setelah dilakukan penelusuran dan verifikasi ulang, ditemukan bahwa ada data ganda atas nama korban Fery dan Arif. Dua nama tersebut ternyata adalah satu orang yang sama dan sudah ditemukan pada Jumat (5/11/2021). 

"Dua nama itu sudah ditemukan dan teridentifiaksi satu orang dan nama aslinya adalah Adi Wibowo. Korban ditemukan meninggal dunia," imbuhnya. 

3. Operasi pencarian korban resmi dihentikan

Seluruh Korban Banjir Bandang Batu Ditemukan Pembersihan puing-puing sisa banjir bandang masih terus dilakukan. IDN Times/Alfi Ramadana

Setelah korban terakhir ditemukan, Punjul menyebut tim SAR memutuskan untuk menghentikan pencarian. Saat ini fokus utama dialihkan menjadi upaya penanggulangan pasca bencana. Termasuk juga langkah rehabilitasi untuk rumah warga yang terdampak banjir bandang. 

"Dari tim SAR sudah melaporkan untuk menghentikan operasi pencarian. Saat ini fokus pembersihan material sisa banjir bandang," sambungnya. 

Baca Juga: Enam Korban Banjir Kota Batu yang Hilang Ditemukan Selamat

4. Banjir berdampak hingga Kota Malang

Seluruh Korban Banjir Bandang Batu Ditemukan Petugas gabungan TNI, Polri, BPBD hingga Basarnas dibantu warga terus membersihkan sisa-sisa material banjir bandang. IDN Times/Alfi Ramadana

Seperti diinformasikan sebelumnya, banjir bandang terjadi di wilayah Kota Batu. Sedikitnya 22 rumah rusak dan 32 ekor kendaraan bermotor juga rusak. Tak hanya Kota Batu, luapan air juga terjadi di Kota Malang. Berdasarkan data BPBD Kota Malang, tercatat, 61 rumah di Jatimulyo rusak, 51 rumah di Kampung Putih rusak, 30 rumah di Samaan, dan dua rumah di Kota Lama.

Baca Juga: Antisipasi Banjir Berulang, Pemkot Batu Akan Normalisasi Sungai

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya