Comscore Tracker

Sempat Positif, Timses Sebut Bakal Calon Bupati Malang Sudah Negatif

Untuk lebih meyakinkan, akan jalani tes ketiga

Malang, IDN Times - KPU Kabupaten Malang menunda untuk kesehatan kepada bakal pasangan calon (Bapaslon) dari jalur independen Hery Cahyono-Gunadi. Penundaan tersebut dilakukan lantaran KPU mendapat laporan bahwa bakal calon bupati dari jalur independen itu dilaporkan terpapar COVID-19.

Hal itu kemudian diluruskan oleh tim pemenangan Heri Cahyonoo-Gunadi yang menyebut diri mereka Malang Jejeg. Melalui Ketua Tim Keeja Malang Jejeg, Soetopo Dewangga mengonfirmasi bahwa bacalon bupati Malang yang akrab disapa Sam HC itu sempat terkonfirmasi positif COVID-19 usai menjalanibswab test di Rumah Sakit Lavalette, Kota Malang. 

“Saat itu melakukan tes swab di RS Lavalette. Hasil keluar tanggal 18 September dan dinyatakan positif,” papar Soetopo, Rabu (23/9/2020). 

1. Ragu dengan hasil swab di RS Lavalette

Sempat Positif, Timses Sebut Bakal Calon Bupati Malang Sudah NegatifKPU Kabupaten Malang memberikan berkas hasil ferifikasi ke pasangan HC-Gunadi. Instagram/Malangjejeg

Pasca hasil swab tes dinyatakan positif, Heri merasa ragu dengan hasil tersebut. Apalagi pada saat itu, kondisi Sam HC dalam keadaan sehat. Demi menjawab keraguannya, bacalon bupati jalur perseorangan itu akhirnya melakukan rapid test lagi pada hari yang sama. Hasilnya muncul dan menyatakan bahwa yang bersangkutan non reaktif. 

"Saat itu kondisinya sehat dan baik-baik saja. Makanya pada tanggal 18 September malam Sam HC ksmbali melakukan rapid test dan hasilnya non reaktif," tambahnya. 

2. Lakukan swab test ulang

Sempat Positif, Timses Sebut Bakal Calon Bupati Malang Sudah NegatifInstagram/malangjejeg

Setelah itu, keesokan harinya atau tepatnya pada Sabtu (19/9/2020) ia memutuskan untuk menjalani swab test ulang di Laboratorium Klinik Prodia, Kota Malang. Setelah menjalani rangkaian proses swab test dan kemudian hasilnya keluar dengan menyatakan bahwa yang bersangkutan negatif virus corona. 

"Hasil swab di Lab Prodia keluar tanggal 21 September. Hasilnya tidak ada indikasi bahwa yang bersangkutan terpapar COVID-19,” imbuh Soetopo. 

3. Sudah sampaikan hasil swab kedua ke KPU

Sempat Positif, Timses Sebut Bakal Calon Bupati Malang Sudah NegatifIlustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih jauh, Soetopo menjelaskan bahwa pihak Malang Jejeg juga sudah menyerahkan hasil swab test terbaru dari Laboratorium Klinik Prodia itu kepada KPU Kabupaten Malang. Namun dirinya menyayangkan lantaran rilis pers yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Malang justru penundaan tahapan tes kesehatan kara bacalon yang dimaksud terpapar COVID-19. Padahal berdasarkan hasil swab test terbaru yang bersangkutan dinyatakan tidak terpapar COVID-19.

“Senin (21/9/2020) sudah kami sampaikan hasilnya kepada KPU. Tetapi tiba-tiba KPU mengeluarkan siaran pers seperti yang sudah muncul," sambungnya. 

4. Bakal jalani swab lagi

Sempat Positif, Timses Sebut Bakal Calon Bupati Malang Sudah Negatifidn media

Sementara itu, demi meyakinkan semua pihak, Heri berencana untuk kembali menjalani tes swab yang ketiga. Hal ini demi menjaga agar informasi yang beredar mengenai kondisi kesehatannya tak semakin menjadi bola liar. Sekaligus juga untuk memastikan kondisi kesehatan yang bersangkutan sebelum menjalani tahapan pencalonan berikutnya. Rencananya swab test ketiga akan dilakukan di RS Saiful Anwar, Kota Malang. 

“Kami juga harus menghargai protokol COVID-19. Kondisinya saat ini bisa dikatakan masih fifty-fifty karena tes pertama positif, lalu kedua negatif. Makanya kami akan lakukan swab yang ketiga agar bisa lebih objektif. Sejauh ini kondisi Sam HC juga baik-baik saja dan dalam keadaan sehat," jelasnya. 

Baca Juga: 3 Bakal Calon Kepala Daerah Sembuh, Tersisa Malang Positif COVID-19

5. Siap lanjut ke tahapan berikutnya jika negatif

Sempat Positif, Timses Sebut Bakal Calon Bupati Malang Sudah Negatifidn media

Sementara itu, Ketuka Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Malang, Mahardika menyebut bahwa pihaknya masih menunggu laporan terkini terkait kondisi kesehatan bacalon bupati dari jalur independen. Jika memang hasil swab test menyatakan negatif, pihak KPU bakal memproses pencalonan ke tahap berikutnya. 

"Jika yang bersangkutan telah dilakukan penanganan dan dinyatakan negatif COVID-19, maka KPU Kabupaten Malang melanjutkan tahapan berikutnya," tandasnya. 

Baca Juga: Sempat Tak Lolos, KPU Kabupaten Malang Izinkan HC-Gunadi Ikut Pilkada

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya