Comscore Tracker

Sudah Turun Level, UM Mulai Perkuliahan Tatap Muka

Mahasiswa kuliah luring harus sudah vaksin  

Malang, IDN Times - Status PPKM di Kota Malang yang sudah turun ke level 2 membuat sejumlah kampus mulai ancang-ancang kuliah tatap muka. Universitas Negeri Malang (UM) menjadi kampus pertama yang memulai kuliah tatap muka sejak Senik (25/10/2021). Kuliah tatap muka sendiri dilakukan di seluruh fakultas meski masih dalam jumlah terbatas. 

1. Mahasiswa harus penuhi persyaratan PeduliLindungi

Sudah Turun Level, UM Mulai Perkuliahan Tatap MukaSeorang mahasiswa sedang melakukan scan barcode untuk masuk kuliah. Dok/istimewa

Sebagai syarat kuliah tatap muka, mahasiswa harus sudah menjalani vaksinasi. Hal itu dibuktikan dengan scan barcode aplikasi Peduli Lindungi. Salah satunya seperti tampak pada Fakultas Matematika dan IPA (MIPA). Sejumlah mahasiswa tampak harus memindai aplikasi barcode Peduli Lindungi terlebih dahulu untuk bisa memasuki gedung perkuliahan.

Guna menjaga agar tak jadi kerumunan, jalur pintu masuk dan pintu keluar pun dibatasi. Kelengkapan protokol kesehatan yang lain seperti pengukur suhu badan, hand sanitizer dan wastafel untuk mencuci tangan juga disediakan di setiap gedung.

2. Satu ruangan hanya untuk 20 siswa

Sudah Turun Level, UM Mulai Perkuliahan Tatap MukaKondisi dalam ruangan kelas untuk kuliah tatap muka. Dok/istimewa

Jmlah mahasiswa yang hadir juga dibatasi. Satu ruangan maksimal hanya diisi 20 orang saja. Jumlah tersebut adalah 50 persen dari kapasitas ruangan yang tersedia. Dekan FMIPA Prof. Dr. Hadi Suwono menjelaskan bahwa pembelajaran tatap muka baru diutamakan untuk dua angkatan, yakni tahun 2020 dan 2021. Menurutnya, pembelajaran tatap muka ini dilakukan di minggu kesembilan dan kesepuluh dari kalender akademik UM.

"Saat ini sistem pembelajaran masih gabungan luring dan daring. Dari total 1.976 mahasiswa, sejumlah 48,7 persen atau sekitar 963 mahasiswa memilih pembelajaran luring," urainya Senin (25/10/2021). 

Baca Juga: Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Mulai Kuliah Tatap Muka

3. Harus karantina terlebih dahulu

Sudah Turun Level, UM Mulai Perkuliahan Tatap MukaSejumlah mahasiswa sedang bersiap mengikuti kuliah tatap muka di UM. Dok/istimewa

Tidak hanya itu, Hadi menyebut bahwa mahasiswa ingin melakukan kuliah tatap muka juga harus tiba di Kota Malang dua minggu sebelumnya. Mereka terlebih dahulu harus karantina mandiri. Selain itu, mereka harus tervaksin minimal dosis pertama. 

"Kalau yang belum divaksin harus dengan menunjukkan hasil tes COVID-19 dengan hasil negatif. Sebelum itu harus menjalani karantina mandiri dulu," sambungnya. 

Sementara itu, salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Matematika yang ikut kuliah luring, Meidy Indhira Putri mengatakan bahwa dirinya senang akhirnya bisa melakukan perkuliahan tatap muka untuk pertama kalinya. selama ini dirinya mengakui memang belum pernah kuliah tatap muka. Selama kuliah daring dirinya mengakui bahwa lebih berat untuk memahami materi. 

"Tentu protokol kesehatan tetap dijaga. Kalau belum vaksin harus menyertakan surat keterangan belum divaksin," pungkas mahasiswa angkatan 2020 asal Jakarta itu. 

Baca Juga: Punya Passion di Bidang Fashion? Yuk, Kuliah di 5 Jurusan Ini

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya