Comscore Tracker

Suplai Buka Puasa Warga Terdampak Gempa, PMI Siapkan 3748 Nasi Bungkus

Dibagikan kepada warga terdampak gempa  

Malang, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang menyiapkan 3748 nasi bungkus setiap harinya untuk menyuplai kebutuhan konsumsi warga terdampak gempa di Desa Majang Tengah, Dampit, Kabupaten Malang. Setiap hari selama bulan Ramadan, PMI Kabupaten Malang menyiapkan jumlah yang sama tiap buka puasa dan sahur. 

1. Dibagikan kepada warga terdampak

Suplai Buka Puasa Warga Terdampak Gempa, PMI Siapkan 3748 Nasi BungkusPMI bersama karangtaruna membagikan makanan siap konsumsi kepada warga terdampak gempa. IDN Times/Alfi Ramadana

Pasca gempa di akhir pekan lalu, PMI memang langsung mendirikan dapur umum di Balai Desa Majang Tengah. Setiap harinya dapur umum tersebut menyuplai kebutuhan konsumsi masyarakat yang terdampak gempa. 

"Untuk jumlah ini akan terus menyesuaikan kebutuhan di lapangan. Jumlahnya akan terus berkembang sesuai permintaan," kata Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilijanto, Selasa (13/4/2021). 

2. Pastikan semua warga terdampak kebagian konsumsi

Suplai Buka Puasa Warga Terdampak Gempa, PMI Siapkan 3748 Nasi BungkusAnggota PMI bersama sejumlah relawan menyiapkan makanan konsumsi untuk warga. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Aprilijanto menambahkan bahwa pihaknya memastikan bahwa kebutuhan konsumsi seluruh warga terdampak gempa di Desa Majang Tengah, Dampit terpenuhi.

"Kami selalu menyesuaikan kebutuhan di lapangan," tambahnya. 

3. Sementara baru suplai kebutuhan konsumsi

Suplai Buka Puasa Warga Terdampak Gempa, PMI Siapkan 3748 Nasi BungkusRelawan dan anggota PMI menyiapkan konsumsi untuk warga terdampak gempa di Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, terkait bantuan untuk warga terdampak, Aprilijanto mengatakan bahwa PMI saat ini memberikan suplai makanan siap konsumsi saja. Untuk kebutuhan bantuan lainnya akan disiapkan oleh Pemkab Malang melalui BPBD sebagai koordinator utama penyalur bantuan. 

"Kami saat ini masih konsentrasi pada makanan siap konsumsi. Untuk yang lainnya kami belum sampai ke sana," sambungnya. 

4. Dapur umum akan beroperasi sampai penanggulangan tuntas

Suplai Buka Puasa Warga Terdampak Gempa, PMI Siapkan 3748 Nasi BungkusAnggota PMI saat membagikan nasi untuk berbuka puasa warga terdampak gempa. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Aprilijanto menyebut bahwa dapur umum PMI tersebut akan terus tersedia selama masyarakat masih membutuhkan. Kebutuhan bahan mentah untuk diolah di dapur umum sampai saat ini juga masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi warga terdampak. 

"Kami akan mengikuti dari pemerintah saja. Yang pasti, PMI akan selalu siap membantu warga yang terkena musibah di Kabipaten Malang," tandasnya. 

Baca Juga: Rehabilitasi Rumah Rusak Pasca Gempa Malang Dimulai Pekan Ini

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya