Comscore Tracker

Sutiaji Pastikan Stok Pangan di Kota Malang Aman Jelang Lebaran 

Tidak ada lonjakan harga pada sejumlah komoditas  

Malang, IDN Times - Stok kebutuhan pokok di Kota Malang dipastikan aman. Hal itu setelah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang melalukan sidak ke sejumlah tempat mulai pasar hingga gudang penyimpanan kebutuhan pokok, Rabu (28/4/2021).

Sidak yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Malang itu pertama mendatangi pasar Sawojajar untuk melakukan pengecekan ketersediaan stok bahan pangan. Utamanya untuk persiapan menyambut hari raya Idulfitri 1442 Hijriah. 

1. Stok bahan pokok aman dan harga normal

Sutiaji Pastikan Stok Pangan di Kota Malang Aman Jelang Lebaran Wali Kota Malang, Sutiaji saat melakukan pengecekan harga daging di Pasar Sawojajar, Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Setelah melakukan pengecekan ke sejumlah lapak pedagang, Sutiaji memastikan bahwa stok kebutuhan pokok menyambut lebaran dipastikan aman. Beberapa kebutuhan pokok seperti gula, beras, telur, daging sapi, daging ayam hingga cabai rawit masih cukup untuk memenuhi kebutuhan. Dari sisi harga juga sejauh ini masih cukup stabil dan tidak ada kenaikan. 

"Tidak ada gejolak harga pada kebutuhan pokok. Komoditi seperti telur ayam, daging ayam, daging sapi, cabai merah besar dan cabai kecil masih normal," kata Sutiaji, Rabu (28/4/2021). 

Baca Juga: Jaga Stok Pangan, Jakarta Kerja Sama dengan Pemkab Ngawi 

2. Ketersediaan beras mencukupi hingga lebaran

Sutiaji Pastikan Stok Pangan di Kota Malang Aman Jelang Lebaran Sutiaji saat mengecek ketersediaan beras di gudang Bulog Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Setelah dari Pasar Sawojajar, Sutiaji dan tim TPID langsung menuju Gudang Bulog yang berada di Gadang, Kota Malang. Setelah melihat langsung stok beras yang ada dan berdiskusi dengan pimpinan Bulog, Sutiaji memastikan bahwa stok beras aman. Saat ini ketersediaan beras di gudang Bulog mencapau 2.400 ton dan sangat mencukupi untuk kebutuhan beras warga Kota Malang. 

"Kebutuhan beras untuk Kota Malang tidak terlalu besar. Setiap harinya hanya 100 ton saja. Tentu dengan cadangan beras di Bulog juga masih tersedia lebih dari cukup," tambahnya. 

3. Stok beras akan terus bertambah

Sutiaji Pastikan Stok Pangan di Kota Malang Aman Jelang Lebaran Sutiaji saat mengecek kualitas beras yang ada di gudang Bulog Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Perum Bulog Malang, Dhanny Yudha menyebut bahwa ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Malang bahkan diperkirakan aman hingga momen Natal mendatang. Pasalnya selain kebutuhan Kota Malang yang relatif kecil, hasil panenan baru sudah mulai masuk. Hal itu membuat stok beras akan terus bertambah dan cukup sampai akhir tahun. 

"Ketersediaan beras masih aman bahkan bisa sampai akhir tahun. Kalau dari sisi kualitas paling banyak beras medium," katanya. 

4. Stok minyak juga masih aman

Sutiaji Pastikan Stok Pangan di Kota Malang Aman Jelang Lebaran Sutiaji saat berdialog dengan pedagang di Pasar Sawojajar. Dok/Humas Pemkot Malang

Selain beras, Dhanny juga memastikan bahwa kebutuhan minyak dan tepung juga masih aman. Bahkan harga dari beberapa kebutuhan pokok tersebut cenderung stabil dan tidak ada kenaikan. Untuk antisipasi kenaikan harga, Bulog Malang juga sudah melakikan beberapa antisipasi. Salah satunya adalah menyediakan pasar murah jika memang diperlukan. 

"Kami akan koordinasikan lagi dengan pemangku wilayah setempat. Yang pasti kami akan mengikuti permintaan daerah," tandasnya. 

Baca Juga: Cegah Harga Bahan Pangan Naik, Pemkot Surabaya Gelar Operasi Pasar

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya