UB Terima 6.033 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN 

Peminat yang mendaftar capai 69.864   

Malang, IDN Times - Universitas Brawijaya (UB) menerima sebanyak 6.033 calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jumlah ini menempatkan UB menjadi perguruan tinggi terbanyak penerima SBMPTN tahun ini. Meski menerima cukup banyak melalui jalur SBMPTN, nyatanya jumlah tersebut hanya 8,65 persen dari peminat yang mendaftar. 

1. Pendaftar mencapi 69 ribu

UB Terima 6.033 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN Kampus Universitas Brawijaya bersiap untuk daftar ulang mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. IDN Times/Alfi Ramadana

Wakil Rektor Bidang Akademik  Aulanni’am menjelaskan bahwa yang diterima pada jalur SBMPTN hanya 8,65 persen dari jumlah peminat sebanyak 69.864 peserta. Jumlah tersebut terhitung sangat tinggi. "Semoga yang memilih SBMPTN tidak mundur," terangnya Selasa (15/6/2021). 

Baca Juga: Sembako di Pasar Tak Kena PPN dan 10 Kampus Penerima SBMPTN Terbanyak

2. Agroteknologi jadi prodi penerima terbanyak

UB Terima 6.033 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN Universitas Brawijaya memperoleh dana besar dari pengajuan 71 penelitian. Dok/Humas UB

Sementara itu, jumlah prodi terbanyak yang menerima jalur SBMPTN  untuk kelompok saintek adalah Agroekoteknologi (327) lalu diikuti Peternakan (310), Agribisnis (188), Teknik Industri Pertanian (112), dan Kedokteran (100). Untuk Soshum adalah Ilmu Hukum (221), Administrasi Bisnis (168),  Administrasi Publik (148), Akuntansi (140), dan Manajemen (128).

3. Tahun ini terima 15 ribu mahasiswa baru

UB Terima 6.033 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN Universitas Brawijaya tetap produkrif selama masa pandemik COVID-19. Dok/Humas UB

Secara keseluruhan untuk tahun ini jumlah kuota atau pagu yang ditetapkan UB untuk mahasiswa baru sekitar 15.000 mahasiswa. Jumlah tersebut terbagu ke dalam tiga proses seleksi yakni jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri masing-masing kuota 30 persen, 40 persen, dan 30 persen.

"Semoga mahasiswa UB yang diterima nanti bisa disiplin bagaimanapun kondisinya. Pinter saja tidak cukup. Harus disiplin  supaya  mahasiswa bisa  mengikuti," sambungnya. 

4. Daftar ulang mulai 24 Juni

UB Terima 6.033 Calon Mahasiswa Jalur SBMPTN Seleksi masuk Universitas Brawijaya melalui jalur SBMPTN. Dok/Humas UB

Bagi calon mahasiswa UB yang diterima melalui jalur SBMPTN bisa melakukan pendaftaran langsung melalui link https://selma.ub.ac.id/tata-cara-registrasi-daftar-ulang-mahasiswa-baru-dari-jalur-sbmptn-tahun-2021/. Daftar ulang sendiri akan dimulai pada 24 Juni mendatang.

"Sekarang sudah siap semua dan nyaman dengan daring. Nanti kalau sudah tidak pandemi maka semua menyesuaikan lagi," tandasnya. 

Baca Juga: Catat! 5 Acara Hits di Unibraw yang Gak Boleh Kamu Lewatkan

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya