Comscore Tracker

Viral, Wisatawan Nekat Terobos Portal Penghalang ke Bromo  

Sempat adu mulut dengan petugas jaga  

Malang, IDN Times - Sebuah video yang menunjukkan wisatawan memaksa masuk kawasaan Bromo viral. Video berdurasi 30 detik itu pertama kali diunggah oleh akun instagram @widiansinggih dua hari lalu. Dalam video tersebut, sang wisatawan yang tampak mengendarai sepeda motor berusaha untuk menerobos portal penghalang di pos Jemplang menuju ke kawasan Bromo. Padahal, saat ini kawasan pariwisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih tutup karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

1. Sempat adu mulut dengan petugas

Viral, Wisatawan Nekat Terobos Portal Penghalang ke Bromo  Tangkapan gambar video wisatawan memaksa masuk ke Bromo. Dok/Istimewa

Sang pemotor kemudian terlihat sempat terlibat adu mulut dengan petugas jaga. Pria yang belum diketahui identitasnya ini sempat menyerang petugas dan warga lokal yang berjaga. 

"Ini salah satu pengunjung Bromo yang tidak taat aturan. Bromo masih tutup untuk wisata, malah memaksa masuk dengan menerobos portal dengan sepeda. Selain itu  malah terkesan menantang petugas saat diperingatkan. Lokasi Bromo Pos Pintu Jemplang Kabupaten Malang," tulis akun tersebut Minggu (15/8/2021). 

2. Benarkan insiden tersebut

Viral, Wisatawan Nekat Terobos Portal Penghalang ke Bromo  Tangkapan gambar video wisatawan memaksa masuk ke Bromo. Dok/Istimewa

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) pun membenarkan insiden tersebut. Namun, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat mengaku belum mengetahui siapa pemotor tersebut.

"Kejadiannya kemarin dan memang benar," kata Sarif, Senin (16/8/2021). 

Baca Juga: Penutupan Wisata Bromo Semeru Diperpanjang

3. Sekelompok pemotor memaksa masuk

Viral, Wisatawan Nekat Terobos Portal Penghalang ke Bromo  Tangkapan layar video wisatawan yang memaksa masuk Bromo. Dok/Istimewa

Sarif menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi di Pos Jemplang. Saat itu, sekelompok pemotor tiba-tiba datang dan memaksa masuk ke jalur menuju Bromo. Namun, karena saat ini kawasan TNBTS masih tutup, para pemotor tersebut tak diizinkan melintas oleh petugas jaga. 

"Petugas kemudian memberikan penjelasan bahwa kunjungan wisata ke Bromo masih di tutup. Para pemotor tersebut kemudian diminta kembali," jelasnya. 

Terlepas dari itu, BBTNBTS meminta masyarakat untuk patuh terhadap aturan. Menurutnya, Bromo akan segera dibuka jika situasi sudah memungkinkan.

"Ini semua demi mendukung upaya pemerintah untuk penyebaran COVID-19 di Indonesia. Agar juga pengunjung bisa lebih nyaman nantinya saat berwisata di kawasan TNBTS," pungkasnya. 

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Bromo, Gunung Berapi Menawan di Jawa Timur

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya