Yakinkan Vaksin COVID-19 Aman, Pemkot Malang akan Libatkan Influencer 

Untuk yakinkan bahwa vaksin aman   

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berencana menggandeng influencer untuk vaksinasi simbolis tahap pertama. Hal itu dilakukan untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin yang akan diberikan tersebut aman dan sudah sesuai prosedur.

Sebelum melakulan vaksinasi tahap pertama, setiap daerah terlebih dahulu diminta untuk melakukan vaksinasi secara simbolis. Kota Malang sendiri mendapat jatah 10 orang untuk vaksinasi simbolis dan akan diwakili oleh beberapa pihak mulai dari protokoler, tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga kesehatan, hingga influencer dari kalangan millennials.

1. Masih belum tentukan nama perwakilan

Yakinkan Vaksin COVID-19 Aman, Pemkot Malang akan Libatkan Influencer Ilustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Wali Kota Malang, Sutiaji menjelaskan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), termasuk ke organisasi keagamaan seperti NU dan Muhammdiyah untuk turut menjadi perwakilan vaksinasi simbolis. Namun demikian, Sutiaji menyebut bahwa sejauh ini belum ada yang mengirimkan nama siapa yang bakal mengikuti vaksinasi secara simbolis. 

"Sejauh ini kami masih coba komunikasikan. Kalau sudah ada nama yang ditunjuk pasti akan kami sampaikan," terangnya Rabu (13/1/2021). 

2. Tempat penyimpanan vaksin sudah disiapkan

Yakinkan Vaksin COVID-19 Aman, Pemkot Malang akan Libatkan Influencer Ilustrasi Suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih jauh, Pemkot Malang juga menyiapkan tempat penyimpanan vaksin tahap pertama. Lokasinya di kantor Dinas Kesehatan Kota Malang. Vaksinasi tahap pertama untuk Kota Malang akan mulai dilakukan pada termin kedua Februari. 

"Untuk tempat penyimpanan sudah dipersiapkan karena memang perlu treatment khusus untuk penyimpanan vaksin ini," tambah Sutiaji.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Pertama Jatim Digelar di Grahadi, 19 Nama Diusulkan

3. Tenaga vaksinator juga sudah disiapkan

Yakinkan Vaksin COVID-19 Aman, Pemkot Malang akan Libatkan Influencer Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Pemkot Malang juga menyiapkan tenaga vaksinator. Sejauh ini sudah ada 32 orang vaksinator. Jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah.

"Sementara ini sudah ada 32 tenaga vaksinator yang siap," pungkasnya. 

Rencananya, Kota Malang mendapat jatah 12.900 vaksin COVID-19 tahap pertama. Sejauh ini, tenaga kesehatan yang sudah memperbarui data di SISDMK sebanyak 12.897. Dari total tersebut, yang sudah tervalidasi dan memenuhi persyaratan untuk dilakukan vaksinasi sebanyak 6.450.

Baca Juga: Kota Malang Terima 12.900 Vaksin COVID-19 Tahap Pertama

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya