Comscore Tracker

Ada Salju di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?

Suhu hampir mendekati 0° Celcius pada kemarau ini

Malang, IDN Times - Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengalami fenomena berupa munculnya embun yang mirip dengan es. Embun es yang menyerupai butiran salju di sekitar kawasan TNBTS itu biasa dikenal sebagai embun upas.

Hal itu disebabkan oleh cuaca di kawasan tersebut yang sangat dingin. Bahkan, kini suhu di sekitaran kawasan TNBTS nyaris mencapai 0° celcius. 

1. Embun salju sudah terjadi sepekan

Ada Salju di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?Dok/ TNBTS

Fenomena mulai terdeteksi muncul dalam sepekan terakhir. Hal itu diungkapkan oleh Humas TNBTS, Sarif. Ia menjelaskan bahwa pihaknya mendapat laporan bahwa dalam lima hari terakhir telah muncul fenomena tersebut di kawasan TNBTS. 

"Beberapa lokasi memang sudah terjadi fenomena tersebut seperti di Ranu Pani, Cemoro Lawang, hingha kawasan Penanjakan," terangnya. 

2. Suhu lebih rendah dari biasanya

Ada Salju di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?Dok/ TNBTS

Selama sepekan terakhir, suhu di kawasan TNBTS memang mengalami perubahan cukup signifikan. Saat ini suhu rata-rata berada di bawah 10° celcius. Bahkan, di saat-saat tertentu suhu nyaris mendekati 0°. Sehingga hal itu menyebabkan lingkungan disekitar kawasan TNBTS cukup terpengaruh. 

"Suhu siang hari di kawasan tersebut kisaran 10-12° Celsius. Tetapi kalau malam hari bisa mencapai 2-8° Celsius. Bahkan untuk kawasan Penanjakan, bisa mencapai 0° Celsius pada malam hari," tambahnya. 

3. Fenomena tiap kemarau

Ada Salju di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?Dok/ TNBTS

Lebih jauh, Sarif mengakui bahwa fenomena tersebut memang kerap terjadi saat kemarau. Hal itu dikarenakan perubahan suhu yang menjadi lebih dingin saat kemarau. 

"Memang benar fenomena ini terjadi setiap musim kemarau," imbuhnya. 

Baca Juga: Sempat Ditutup, Jalur Pendakian ke Gunung Semeru Kembali Dibuka 

4. Fenomena ini masih akan terus terjadi

Ada Salju di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru?Dok/ TNBTS

Fenomena tersebut diprediksi masih akan terus terjadi. Apalagi saat ini musim kemarau masih terus berjalan. Sehingga hal itu masih akan tetap mempengaruhi cuaca maupun suhu yang ada di sekitar kawasan TNBTS. 

Baca Juga: Status Gunung Bromo Masih Waspada, Emil Imbau Warga Tak Mendekat

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You