Comscore Tracker

Siswa SMA di Malang Bunuh Begal yang Ancam Gilir Pacarnya

ZA yang masih pelajar, tak ditahan oleh kepolisian

Malang, IDN Times - Kepolisian Resort Malang akhirnya resmi menetapkan siswa SMA berinisial ZA ,17, sebagai tersangka pelaku pembunuhan Misnan, 35, begal yang sempat hendak membegal di kawasan Kebun Tebu Gondanglegi Kulon, Kabupaten Malang, Minggu (8/9) lalu. 

Meskipun sudah menetapkan ZA sebagai tersangka, pihak kepolisian tak melakukan penahanan terhadap ZA. 

"Kami tidak melakukan penahanan. Karena yang bersangkutan masih berstatus pelajar. Nanti hakim yang akan menentukan dan melihat apakah perbuatanya masuk kategori pembelaan diri atau bukan," beber Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung Rabu (11/9). 

Bukan hanya karena membela diri saat akan dibegal, Polsek Gondanglegi menyebut ada sebab lain kenapa ZA akhirnya menghabisi Misnan. ZA mengaku membunuh Misnan karena mengancam akan memperkosa pacar ZA secara bergiliran dengan rekannya sesama begal.

1. Berawal dari penemuan mayat

Siswa SMA di Malang Bunuh Begal yang Ancam Gilir PacarnyaIlustrasi jenazah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan laporan situasi yang dari Polsek Gondanglehi, pengungkapan kasus tersebut berawal dari penemuan mayat Misnan di Kebun Tebu, kawasan Gondanglegi Kulon pada Senin (9/9) oleh saksi bernama Yasir.

Saat kepolisian Polsek Gondanglegi melakukan olah TKP, diketahui bahwa korban bernama Misnan sudah dalam kondisi meninggal dengan kondisi tubuh terlentang. Terdapat luka menganga di dada sebelah kiri yang akibat benda tajam. Polisi akhirnya menangkap ZA sehari setelah penemuan mayat tersebut. 

2. Korban merupakan pelaku begal

Siswa SMA di Malang Bunuh Begal yang Ancam Gilir PacarnyaDok/ Humas Polres Malang/ Istimewa

Namun, pasca penangkapan ZA, ditemukan fakta baru. Fakta tersebut adalah bahwa Misnan adalah pelaku begal yang sempat melakukan pencegatan terhadap ZA. Kejadian tersebut terjadi pada Minggu (8/9) sekitar pukul 20.00 WIB.

Saat itu, ZA berboncengan sepeda motor dengan kekasihnya Vivin. Mereka diadang oleh tersangka di kawasan Kebun Tebu, Gondanglegi Kulon. Keduanya kemudian dicegat oleh Misnan dan satu temanya yakni Ali Wafa.

Misnan kemudian meminta paksa HP dan motor milik ZA. Namun, ZA berupaya untuk melakukan perlawanan dengan memutar kunci ke arah kiri. Kemudian, Misnan dan Ali Wafa berhasil mengambil HP dan menguasai motor milik ZA. 

3. Sempat ancam akan menggilir pacar ZA

Siswa SMA di Malang Bunuh Begal yang Ancam Gilir PacarnyaIDN Times/Sukma Shakti

Sempat terjadi adu mulut antara Misnan dengan ZA. Bahkan, Misnan dan rekanya sempat mengancam akan menggilir Vivin. Lantaran hal tersebut, ZA kemudian membuka jok motor dan perlahan mengambil pisau yang ada di jok motor.

Setelah memegang pisau, ZA kemudian langsung menikamkan pisau kepada Misnan tepat mengenai dada. Setelah kejadian tersebut korban langsung melarikan diri ke arah kebun tebu.

Baca Juga: Bawa Pistol Mainan, Begal yang Beraksi di Empat TKP Ditembak

4. Polisi tetap lakukan pemberkasan

Siswa SMA di Malang Bunuh Begal yang Ancam Gilir PacarnyaIDN Times/ Alfi Ramadana

Meski tak menangkap ZA, Yade mengatakan bahwa saat ini kepolisian tetap melakukan pemberkasan terhadap kasus tersebut. Pemberkasan tersebut berdasarkan alat bukti serta memasukkan fakta-fakta di lapangan sesuai dengan keterangan dari saksi-saksi dan tersangka.

Nantinya berkas perkara tersebut akan disajikan dan hakim yang akan memutuskan apakah perbuatan yang dilakukan tersangka masuk kategori pembelaan diri sesuai dengan pasal 49 KUHP. 

Baca Juga: Polisi Tembak Komplotan Begal yang Resahkan Mahasiswa Trunojoyo

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You