Resmi Dioperasikan Jokowi, Tol Mapan Digratiskan Hingga Lebaran  

Tol Mapan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo

Malang, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan tol Malang Pandaan, Senin (13/5/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol tersebut tepat di pintu keluar Singosari, Kab Malang. Jalan tol sepanjang 38,5 km tersebut merupakan sambungan dari tol Panjang yang menghubungkan Surabaya-Pasuruan. Namun untuk peresmian kali ini baru 30,63 km yang sudah resmi beroperasi. Sementara sisa 7,8 km masih dalam tahap penyelesaian.

Resmi beroperasinya tol Pandaan-Malang maka kini mobilitas dari Malang Raya menuju Surabaya bisa lebih singkat.

1. Gratis selama sebulan

Resmi Dioperasikan Jokowi, Tol Mapan Digratiskan Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah diresmikan, tol Malang-Pandaan tersebut akan mulai beroperasi untuk umum mulai Selasa (14/5). Untuk 30 hari awal, para pengguna tol Mapan akan mendapat pelayanan istimewa. Para pengguna dipastikan tak dipungut biaya alias gratis. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. 

"Tadi sudah saya sampaikan kepada menteri BUMN bahw auntuk awal kalau bisa jangan bayar dulu. Paling tidak sampai Lebaran ini," ucapnya saat meresmikan tol Mapan, Senin (13/5).

2. Persingkat waktu tempuh Malang-Surabaya

Resmi Dioperasikan Jokowi, Tol Mapan Digratiskan Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Resmi beroperasinya tol Malang Pandaan ino tentu saja bisa memangkas waktu tempuh dari Surabaya menuju Malang dan sebaliknya. Biasanya, waktu tempuh yang dibutuhkan dari Malanh menuju Surabaya dan sebaliknya ditempuh dalam waktu 3 hingga 3,5 jam. Kini dengan beroperasinya tol tersebut waktu tempuh bisa lebih singkat.

"Sekarang waktu tempuh yang dibutuhkan dari Malang ke Surabaya dan sebaliknya hanya perlu satu jam saja," imbuhnya. 

Baca Juga: Pemkab Siap Lestarikan Situs yang Ditemukan di Tol  Malang-Pandaan

3. Target akhir tahun seluruh jalan tol Malang Pandaan beroperasi

Resmi Dioperasikan Jokowi, Tol Mapan Digratiskan Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Total keseluruhan proyek jalan tol Malang-Pandaan adalah sejauh 38,5 km. Namun, sejauh ini yang baru saja diresmikan masih mencapai 30,63 km atau hanya tiga seksi dari lima seksi yang masuk dalam proyek. Untuk sisa proyek yang belum selesai sekitar 7,8 km atau proyek seksi 4 dan 5 ditargetkan selesai pada akhir tahun.

"Memang sejauh ini untuk proyek tol Mapan belum sepenuhnya selesai. Sebisa mungkin untuk sisa yang belum selesai ini maksimal akhir tahun harus sudah selesai," tambahnya.

4. Percepat mobilitas barang dan jasa

Resmi Dioperasikan Jokowi, Tol Mapan Digratiskan Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Kini beroperasinya tol Malang- Pandaan ini tentu saja menjadi hal positif. Terutama untuk meningkatkan mobilitas baik barang maupun manusia. Sehingga selain mempersingkat waktu, juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi untjk daerah sekitar.

"Semoga saja dengan adanya tol ini bisa meningkatkan mobilitas barang dan jasa di kota Malang. Sehingga akan tercipta konektivitas antar wilayah yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tandasnya.  

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya