Comscore Tracker

Diresmikan Jokowi, Tol Mapan Gratis Hingga Lebaran  

Tol Mapan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo

Malang, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan tol Malang Pandaan, Senin (13/5). Peresmian jalan tol dilakukan tepat di pintu keluar Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jalan tol sepanjang 38,5 km tersebut merupakan sambungan dari tol Panjang yang menghubungkan Surabaya-Pasuruan. Namun untuk peresmian kali ini baru 30,63 km yang sudah resmi beroperasi. Sementara sisa 7,8 km masih dalam tahap penyelesaian.

Resmi beroperasinya tol Pandaan-Malang maka kini mobilitas dari Malang Raya menuju Surabaya bisa lebih singkat.

1. Tol Malang-Pandaan gratis selama sebulan

Diresmikan Jokowi, Tol Mapan Gratis Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Setelah diresmikan, tol Malang-Pandaan tersebut akan mulai beroperasi untuk umum mulai Selasa (14/5). Untuk 30 hari awal, para pengguna tol Mapan akan mendapat pelayanan istimewa. Para pengguna dipastikan tak dipungut biaya alias gratis. Hal itu disampaikan langsung oleh Jokowi.

"Tadi sudah saya sampaikan kepada menteri BUMN bahwa untuk awal kalau bisa jangan bayar dulu. Paling tidak sampai Lebaran ini," ucapnya saat meresmikan tol Mapan.

2. Persingkat waktu tempuh Malang-Surabaya

Diresmikan Jokowi, Tol Mapan Gratis Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Resmi beroperasinya tol Malang Pandaan ini tentu saja bisa memangkas waktu tempuh dari Surabaya menuju Malang dan sebaliknya. Biasanya, waktu tempuh yang dibutuhkan dari Malang menuju Surabaya dan sebaliknya ditempuh dalam waktu 3 hingga 3,5 jam. Kini dengan beroperasinya tol tersebut waktu tempuh bisa lebih singkat.

"Sekarang waktu tempuh yang dibutuhkan dari Malang ke Surabaya dan sebaliknya hanya perlu satu jam saja," imbuhnya. 

Baca Juga: Pemkab Siap Lestarikan Situs yang Ditemukan di Tol  Malang-Pandaan

3. Target akhir tahun seluruh jalan tol Malang Pandaan beroperasi

Diresmikan Jokowi, Tol Mapan Gratis Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Total keseluruhan proyek jalan tol Malang-Pandaan adalah sepanjang 38,5 km. Namun, sejauh ini yang baru saja diresmikan masih mencapai 30,63 km atau hanya tiga seksi dari lima seksi yang masuk dalam proyek. Untuk sisa proyek yang belum selesai sekitar 7,8 km atau proyek seksi 4 dan 5 ditargetkan selesai pada akhir tahun.

"Memang sejauh ini untuk proyek tol Mapan belum sepenuhnya selesai. Sebisa mungkin untuk sisa yang belum selesai ini maksimal akhir tahun harus sudah selesai," tambahnya.

4. Percepat mobilitas barang dan jasa

Diresmikan Jokowi, Tol Mapan Gratis Hingga Lebaran  IDN Times/ Alfi Ramadana

Beroperasinya tol Malang- Pandaan ini tentu saja berdampak positif, khususnya untuk meningkatkan mobilitas barang maupun manusia. Sehingga selain mempersingkat waktu, juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk daerah sekitar.

"Semoga saja dengan adanya tol ini bisa meningkatkan mobilitas barang dan jasa di kota Malang. Sehingga akan tercipta konektivitas antar wilayah yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata dia.  

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pemprov Dorong Peresmian Tol Pandaan-Malang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You