Comscore Tracker

Armada Pengiriman qRT-PCR ke Bio Farma dan Sejumlah Lab Terverifikasi 

Proses logistik harus penuhi standar umum dan khusus

Jakarta, IDN Times - Sembari menunggu kedatangan bahan baku utama untuk membuat qRT-PCR lokal, Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan COVID-19 (TFRIC19) telah mempersiapkan proses trucking guna mengirimkan bahan baku tersebut ke beberapa titik lab. IDN Times mendapat informasi dari Nusantics, salah satu pihak yang ikut dalam pengembagan qRT-PCR, mengenai pihak yang tergabung dalam kerjasama trucking serta beberapa standar yang harus dipenuhi saat proses pengiriman berlangsung. 

Berikut adalah poin yang telah IDN Times rangkum:

1. Kota tujuan pengiriman bahan baku qRT-PCR

Armada Pengiriman qRT-PCR ke Bio Farma dan Sejumlah Lab Terverifikasi Suasana sepi di Jalan Sudirman, Jakarta pada Kamis (9/4/2020). (IDN Times/Herka Yanis)

Sharlini Eriza Putri, CEO dan Co-Founder Nusantics, menjelaskan, “Ketika bahan baku qRT-PCR ini telah sampai di Indonesia, pengiriman akan langsung dilaksanakan dari Jakarta ke Bio Farma Bandung dan dari Bio Farma Bandung ke beberapa lab tes COVID-19 yang sebelumnya telah disertifikasi oleh pemerintah.” Semua pihak yang terlibat dalam pengiriman ini tentu wajib mendukung dan memastikan bahwa sistem monitoring perjalanan truck freezer DENSO-GMS ini berjalan, sehingga kualitas bahan tidak rusak.

2. Siapa yang bantu proses trucking qRT-PCR?

Armada Pengiriman qRT-PCR ke Bio Farma dan Sejumlah Lab Terverifikasi Dok. GMS

DENSO-GMS atau DENSO Global Mobility Service adalah sebuah layanan logistik urban bentukan GMS Jepang dan Denso. Truk ini memiliki beberapa fitur canggih: GPS, remote immobiliser, tracking, dan pengaturan suhu otomatis. Truk ini memang dirancang bagi kebutuhan para produsen maupun distributor yang ingin mendistribusikan produk-produk beku, seperti makanan atau keperluan medis. Temperatur udara pada pendingin bisa diatur hingga suhu terendah yaitu -25˚ C. 

Dalam pengiriman bahan baku qRT-PCR ke beberapa titik seperti yang telah disebut pada poin ke-1, DENSO-GMS akan menggunakan armada truk freezer mini baru. "Dengan berkontribusi untuk mendukung proyek Indonesia PASTI BISA sebagai transporter tunggal, DENSO dan GMS berkomitmen untuk membentuk kolaborasi dalam menyediakan transportasi yang aman untuk produk medis atau farmasi. Terutama dalam perjuangan kita bersama dalam menghentikan rantai penyebaran COVID-19," terang Ryota Konuma, sebagai Project Manager DENSO-GMS. 

3. Catatan penting dalam proses pengiriman bahan baku qRT-PCR

Armada Pengiriman qRT-PCR ke Bio Farma dan Sejumlah Lab Terverifikasi Pemeriksaan kendaraan di posko PSBB di MERR Surabaya, Selasa (28/4). IDN Times/Faiz Nashrillah

Ada beberapa standar umum dan khusus yang harus dipenuhi oleh pihak DENSO-GMS, mengingat bahan baku qRT-PCR ini harus benar-benar terjaga kualitasnya. 

Kondisi umum tersebut meliputi kontrol temperatur yang harus sudah stabil berada dalam suhu -25˚ C sebelum bahan baku diterima, kalibrasi alat pengukur suhu harus telah dilakukan karena pergeseran temperatur akan merusak bahan baku, truk wajib dilengkapi dengan sticker Indonesia Pasti Bisa, kabin freezer harus dipastikan dalam keadaan bersih, sopir dengan kondisi prima juga sudah harus mendapat safety briefing. Tak lupa, GPS kendaraan pun harus terus diinfokan secara berkala kepada Nusantics dan Biofarma.

Kondisi khususnya mencangkup filter udara pada unit kompresor dalam kondisi bersih,  pendingin harus dipastikan cukup dan tak bocor, kompresor, evaporator, kondensor, juga kondisi mesin kendaraan harus sudah melewati inspeksi dan dinyatakan dalam keadaan baik.

Sharlini menegaskan, “Standar di atas harus terus dijaga dan dimonitor agar tak ada kerusakan yang terjadi pada bahan baku qRT-PCR, sehingga proses produksi massal pun dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun."

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya