Brand Wajib Cek, Ini 3 Topik Paling Tren selama Ramadan

Versi IDN Creative, Hallyu adalah salah satunya, lho!

Jakarta, IDN Times - Ramadan merupakan salah satu momentum besar di Indonesia. Sayangnya, masyarakat masih harus merayakan Ramadan tahun 2021 di tengah situasi pandemik yang belum juga membaik. Bila dilihat dari aspek ekonomi, tak dapat dipungkiri bahwa pandemik menyebabkan perubahan signifikan terhadap pola konsumsi masyarakat, terutama generasi z. Sebagai Copy Editor di IDN Creative, Anastasia Desire atau yang biasa dipanggil Sissy, menyebutkan tiga tren konten yang paling digemari oleh generasi z di bulan Ramadan ini.

1. Konten humor

Brand Wajib Cek, Ini 3 Topik Paling Tren selama RamadanTimmy IDN Media (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Di bulan Ramadan, banyak orang berlomba-lomba untuk menunaikan kebaikan. Hal ini mungkin menjadi salah satu faktor yang mendorong mereka untuk menciptakan meme-meme lucu ala Ramadan. Harapannya, meme-meme yang mengocok perut tersebut dapat menghibur mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa.

“Bila dikerucutkan lagi, generasi z memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi konten humor, kemudian membagikannya pada orang-orang terdekat. Selama menjalani ibadah puasa, rasa bosan tentu melanda. Kalau ngabuburit pun, bisa dibilang masih rawan juga karena pandemik. Mau ngapain lagi, ‘kan? Jadi, kehadiran konten humor bisa jadi alternatif untuk melepaskan stres dan bosan selama ‘mendekam’ di dalam rumah. Valid, no debat!” Sissy menjelaskan.

2. Konten kuliner

Brand Wajib Cek, Ini 3 Topik Paling Tren selama RamadanYummy (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Bulan Ramadan adalah momen yang begitu ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia, terutama di Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam. Biasanya, masyarakat akan lebih konsumtif di bulan suci Ramadan. Untuk merayakan sekaligus menikmati momen Ramadan, mereka berbondong-bondong mempersiapkan berbagai kebutuhan, terutama menu hidangan khas Ramadan.

Sissy mengamini hal tersebut dan menyatakan, “Selama bulan Ramadan, konten kuliner adalah konten yang paling banyak dicari oleh pembaca. Apalagi, kalau kontennya seputar kreasi menu sahur dan buka puasa yang simpel. Wah, auto banyak views-nya. Ditambah kita sedang berada di situasi pandemik, higienitas pasti jadi prioritas. Makanya, banyak yang jadi chef ‘dadakan’ selama #DiRumahAja.”

3. Konten Korea

Brand Wajib Cek, Ini 3 Topik Paling Tren selama RamadanBeautyFest Asia 2020 (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Korean Wave atau Hallyu merupakan istilah yang diberikan untuk budaya populer Korea Selatan yang tersebar secara global di berbagai negara di seluruh dunia. Budaya populer tersebut meliputi film, musik, dan gaya hidup, termasuk kuliner. Harus diakui, perkembangan Korean Wave di Indonesia terjadi dengan begitu pesat. Sissy mengatakan, “Kolaborasi pandemik dan Ramadan rupanya sukses memberikan generasi z banyak waktu untuk mencari referensi kuliner khas Korea untuk buka puasa, mencari referensi drama Korea untuk ngabuburit, atau bahkan update berita seputar idola favorit mereka. Ini juga menjadi salah satu tren konten yang paling banyak dikonsumsi oleh generasi z.”

Sama seperti masyarakat yang menikmati momen Ramadan, para pelaku bisnis juga harus mengambil momen ini sebagai kesempatan emas dalam melakukan promosi. Harapannya, dengan mengetahui tiga tren paling utama selama Ramadan, brand dapat menyusun strategi yang lebih spesial dari biasanya.

Topik:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya