Comscore Tracker

Dolar Naik, Apa Kabar Bahan Baku Pembuatan Test-Kit qRT-PCR?

Menjaga kualitas test-kit tetap jadi yang utama

Jakarta, IDN Times - Fakta bahwa mata uang dolar AS terhadap rupiah semakin menguat karena pandemi COVID-19 bukanlah rahasia lagi. Seiring dengan naiknya dolar, harga bahan baku pembuatan test-kit qRT-PCR oleh Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) tentu juga akan mengalami tantangan. Lalu, fakta apa saja yang harus kita ketahui dengan adanya tantangan ini?

1. Harga bahan baku test-kit mengalami kenaikan

Dolar Naik, Apa Kabar Bahan Baku Pembuatan Test-Kit qRT-PCR?Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB

Menurut keterangan yang diberikan Nusantics, salah satu pihak yang ikut dalam pengembagan qRT-PCR, pada IDN Times, sebagian harga bahan baku naik akibat menguatnya dolar terhadap rupiah. Kendati demikian, demi menjaga komitmen TFRIC19 pada masyarakat Indonesia mengenai pengadaan 100.000 test-kit qRT-PCR, down payment sebesar 50% untuk 50.000 test-kit pertama telah dibayarkan kepada Integrated DNA Technologies, Ltd (IDT), manufacturing vendor bahan baku qRT-PCR lokal pada 7 April 2020 lalu.

2. Kepala BPPT tegaskan akan tetap menjaga kualitas

Dolar Naik, Apa Kabar Bahan Baku Pembuatan Test-Kit qRT-PCR?Dok. BPPT

Hammam Riza, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), meyakinkan, “Meskipun dolar AS sedang menguat terhadap rupiah, bukan berarti ada pengurangan kualitas test-kit. Persyaratan utama dalam penyiapan produk qRT-PCR ini adalah kualitas, ya, tentu saja. Hal ini betul-betul tidak bisa ditawar karena kualitas reagen atau test-kit ini akan sangat menentukan keberhasilan pengujian.”

Apalagi, kualitas test-kit tersebut akan menentukan akurasi pengujian yang dilakukan dan menentukan apakah seseorang positif terinfeksi COVID-19 atau tidak. Dalam lingkup yang lebih luas, hal ini juga akan memengaruhi angka infeksi COVID-19 di Indonesia per waktunya. Itulah mengapa mutu atau kualitas tidak bisa ditawar meski harga bahan baku naik.

3. Seluruh pihak mengupayakan agar test-kit dapat didistribusikan tepat waktu

Dolar Naik, Apa Kabar Bahan Baku Pembuatan Test-Kit qRT-PCR?freepik.com

Baca Juga: Penggunaan Test-Kit qRT-PCR Butuh Persiapan Khusus, Apa Saja?

Saat ini, BPPT telah menghitung estimasi waktu datangnya bahan baku test-kit qRT-PCR. Sebagai langkah preventif, BPPT dan tim TFRIC19 juga telah mempersiapkan beberapa hal yang mungkin akan dihadapi di tengah proses pengembangan qRT-PCR ini. Dengan demikian, test-kit tersebut diharapkan dapat tetap didistribusikan tepat waktu dan memberi pengaruh positif bagi penanganan COVID-19 di tanah air.

Hammam menambahkan, “Terkait adanya  pengaruh gejolak ekonomi, ini menjadi pertimbangan teknis tersendiri dari manajemen pengelolaan program. Pengurangan risiko akan dilakukan dengan sangat ketat, terutama dari aspek waktu.”

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya