Comscore Tracker

Donasikan 1.450 Oxygen Concentrator, IDPB juga Bantu Kemenkes

Gabung dengan gerakan yang lebih besar untuk terus membantu

Jakarta, IDN Times - Penggalangan dana Indonesia PASTI BISA (IDPB) Jaga Oksigen telah selesai pada 26 Juli 2021 lalu dengan total donasi US$ 1,202,709 atau lebih dari Rp 17.3 miliar. Dana tersebut digunakan untuk pengadaan 1.450 oxygen concentrator ke sejumlah rumah sakit di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, IDPB mendapat rujukan prioritas rumah sakit dengan Kemenkes RI. Platform donasi yang dibangun oleh IDPB juga digunakan oleh Kemenkes RI untuk mendistribusikan 1.600 oxygen concentrator yang merupakan hibah dari berbagai institusi di luar gerakan Indonesia PASTI BISA Jaga Oksigen.

1. Apa kata para donatur IDPB

Donasikan 1.450 Oxygen Concentrator, IDPB juga Bantu KemenkesIndonesia PASTI BISA (Dok. Indonesia PASTI BISA/Herka Pangaribowo)

IDPB Jaga Oksigen akhirnya berhasil menyediakan lebih dari 1.000 oxygen concentrator bagi sejumlah rumah sakit rujukan Kementerian Kesehatan RI. Pencapaian ini juga didukung oleh para donatur. Beberapa institusi yang turut memberikan donasi untuk IDPB Jaga Oksigen adalah Emtek (Elang Mahkota Teknologi), Bukalapak, BEENEXT Capital Management, GGV Capital, dan PT. Sasa Inti.

Pada sebuah kesempatan, IDPB berhasil berbincang dengan Sutanto Hartono, President Director Emtek. Ia mengatakan, “Emtek secara aktif memberikan kontribusi signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial. Kami bersyukur bisa bermitra dengan East Ventures di Indonesia PASTI BISA Jaga Oksigen untuk menyalurkan pasokan oksigen yang saat ini tengah sangat dibutuhkan oleh rumah sakit di seluruh Indonesia selama krisis COVID-19 ini.”

Menyambung Sutanto, Teruhide Sato, Founder dan CEO of BEENEXT Capital Management mengungkapkan, “Atas nama saya sendiri dan seluruh keluarga BEENEXT, saya ingin menyampaikan belasungkawa kepada semua korban pandemik COVID-19 di Indonesia. Kami merasakan komitmen dan persahabatan yang kuat dengan Indonesia. Tentu kami pun senang ketika diajak berpartisipasi dalam Indonesia PASTI BISA Jaga Oksigen. Terima kasih, IDPB, karena telah membuat perbedaan dengan mengerahkan energi dan kreativitas untuk bekerja sebaik mungkin, serta berinovasi untuk membantu mereka yang membutuhkan.”

Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak, mengamini ungkapan Teruhide dan menyatakan, “Sebagai salah satu pelopor di industri teknologi di Indonesia yang menjunjung tinggi semangat gotong royong, kami merasa terhormat karena dapat menjadi bagian dari gerakan ini. Kami percaya bahwa Indonesia PASTI BISA adalah contoh bagaimana kapabilitas teknologi Indonesia mampu memberikan dampak yang signifikan untuk menolong negara kita melawan COVID-19.”

“Inisiatif yang mulia dan terpuji dari East Ventures yang dengan bangga didukung oleh Sasa Inti adalah salah satu contoh luar biasa dari potensi tak terbatas Indonesia dan masyarakatnya, terutama di era globalisasi ini. Kami sangat bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari Indonesia PASTI BISA Jaga Oksigen,” ucap Rudolf Tjandra, CEO dan President Director PT Sasa Inti.

2. Tidak dibeda-bedakan

Donasikan 1.450 Oxygen Concentrator, IDPB juga Bantu KemenkesIndonesia PASTI BISA (Dok. Indonesia PASTI BISA/Herka Pangaribowo)

Sebagai pelopor platform donasi dengan solusi end-to-end, IDPB Jaga Oksigen berkomitmen untuk terus membantu Indonesia dalam mengatasi pandemik COVID-19. Platform donasi yang telah dibangun oleh IDPB juga akan digunakan oleh Kemenkes RI untuk mendistribusikan hibah bantuan COVID-19 berupa oxygen concentrator dari berbagai institusi di luar gerakan Indonesia PASTI BISA. Sampai dengan 28 Juli 2021, IDPB Jaga Oksigen telah mendistribusikan setidaknya 1.600 oxygen concentrator milik Kemenkes RI.

Meski tidak terintegrasi dengan gerakan penggalangan dana IDPB Jaga Oksigen, ketiga mitra teknologi IDPB Jaga Oksigen, yaitu Bonza, Waresix, dan Advotics turut berkontribusi dalam gerakan tersebut dengan menerapkan sistem pelacakan donasi yang sama persis dengan IDPB Jaga Oksigen. Bonza menggunakan platform data untuk memetakan dan memprediksi jumlah permintaan oksigen di seluruh Indonesia. Waresix menyediakan gudang penyimpanan dan mendistribusikan oxygen concentrator ke tempat tujuan. Advotics melacak oxygen concentrator hingga tiba di tujuan.

3. Bergabung dengan Oxygen for Indonesia

Donasikan 1.450 Oxygen Concentrator, IDPB juga Bantu KemenkesIndonesia PASTI BISA (Dok. Indonesia PASTI BISA/Herka Pangaribowo)

Dengan pencapaian target ini, gerakan Indonesia PASTI BISA bergabung dengan gerakan yang lebih besar, Oxygen for Indonesia, yang dipimpin oleh Aldi Haryopratomo, untuk penggalangan dana sebesar US$ 10 juta. Menyatakan komitmennya untuk terus membantu Indonesia melawan Corona, Willson Cuaca, Founding Partner East Ventures mengungkapkan, “Indonesia adalah bangsa yang besar dengan penduduk yang ramah dan generous. Di masa sulit seperti ini, semuanya, kita, harus bersatu untuk menolong satu sama lain. Tidak hanya penduduknya sendiri, teman-teman dari berbagai negara lain juga datang membantu.”

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya