Comscore Tracker

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya 

Moderator debat capres ditetapkan 26 Desember

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat tertutup dengan perwakilan masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden yang bertarung di Pilpres 2019. 

Rapat yang berlangsung, Rabu (19/12), di Kantor KPU Jakarta Pusat antara lain membahas tentang debat capres-cawapres yang akan dilangsungkan Januari 2019 mendatang. 

Berikut hasil rapat KPU dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Baca Juga: KPU Ungkap Alasan Mengapa Pakai Kotak Suara Kardus di Pemilu 2019

1. Debat capres digelar 5 kali dengan durasi 2 jam

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, atas persetujuan kedua tim, debat capres dan cawapres akan digelar dalam lima sesi. 

"Hari ini kita sudah bisa menyepakati pertama jadwal debat, jadi debat akan dilaksanakan 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, dan debat kelima jadwalnya masih akan ditentukan kemudian," ujarnya. 

Untuk debat kelima, jadwalnya masih menunggu tanggal persetujuan dari masing-masing paslon. "Masing-masing paslon masih melihat jadwal mereka di bulan April dengan durasi debat dua jam," tungkas Arief. 

2. Debat capres berlangsung di Jakarta

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya IDN Times/Fitang Adhitia

Arief mengungkapkan, berdasarkan kesepakatan, debat capres-cawapres akan dilangsungkan di Jakarta. 

"Tempat sudah disepakati lima kali debat tempatnya akan dilaksanakan di Jakarta," ungkap Arief.

Adapun tempat debat capres-cawapres yakni di hotel di Jakarta. Debat pertama akan berlangsung di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Untuk debat kedua di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat. Untuk debat ketiga di Hotel Sultan Senayan, Jakarta Pusat. Tempat debat keempat di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, dan terakhir diselenggarakan di Hotel Bidakara, Pancoran.

3. Formasi debat capres dan cawapres

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya Dok. IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf

Lebih jauh Arif menjelaskan, debat tersebut dibagi-bagi menjadi lima sesi dengan susunan sebagai berikut:

Debat pertama pasangan capres-cawapres, debat kedua antar calon presiden, antar calon wakil presiden, debat keempat antar capres, dan terakhit antar pasangan capres dan cawapres. 

4. Susunan tema debat

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya Amelinda zaneta

Nantinya dalam debat tersebut, tema yang diangkat berbeda pada setiap sesinya. Debat pertama temanya hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Debat kedua energi dan pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup serta infrastruktur. Debat ketiga pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan.

Sementara debat keempat mengangkat tema ideologi, hubungan internasional, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi. Debat kelima mengangkat tema pemerintahan dan industri. 

5. KPU usulkan 3 nama panelis debat

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Dalam rapat tersebut juga sudah disepakati nama para panelis. Dalam hal ini KPU mengusulkan tiga orang dan masing-masing pasangan capres dan cawapres mengusulkan dua orang. Tapi, nama-nama tersebut enggan dibeberkan karena sedang menunggu konfirmasi dari pihak yang bersangkutan. 

"Nama-nama ini masih akan kita konfirmasi kesediaanya, yang jelas paslon nomor urut 01 sudah mengusulkan dua nama, paslon nomor urut 02 mengusulkan dua nama, sementara KPU mengusulkan tiga nama. Kalau mereka bersedia baru akan kita publikasikan," jelas Ketua KPU Arief Budiman. 

6. Moderator debat ditentukan 26 Desember

Debat Capres Digelar 5 Kali di 4 Tempat, Ini Jadwalnya Amelinda zaneta

Untuk moderator, Arief mengatakan, pihaknya masih belum menentukan siapa moderator yang pas untuk mengatur jalannya acara debat capres-cawapres tersebut. 

"Untuk moderator kita akan menentukan pada tanggal 26 Desember bersamaan dengan rapat koordinasi yang dilakukan nanti antara KPU, Bawaslu, dan masing-masing tim pasangan calon," kata Arief. 

Sebelum debat dimulai pada 17 Januari, capres dan cawapres akan memaparkan visi misi masing-masing. 

Baca Juga: Alasan KPU Pakai Kotak Suara Kardus, Arief: Kami Ingin Pemilu Murah

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya