Kebakaran di Petamburan, Lurah Jelambar: Disebabkan Korsleting Listrik

Lurah Jelambar jamin kebutuhan logistik pengungsi

Jakarta, IDN Times - Lurah Jelambar, Ambari, mengatakan bahwa menurut penuturan warganya di lokasi kejadian, kebakaran pada Jumat malam (4/1) tersebut diduga akibat korsleting listrik Kebakaran tersebut melanda puluhan rumah di Jalan Jelambar Utama, Petamburan, Jakarta Barat.

1. Akibat korsleting listrik pada meteran

Kebakaran di Petamburan, Lurah Jelambar: Disebabkan Korsleting Listrikunsplash.com/Brennan Burling

Ambari menjelaskan, menurut informasi yang dihimpunnya dari para warga, kejadian tersebut bermula saat seorang warga RT 08/RW 08 menaikkan listriknya yang turun.

"Sementara hasil pengamatan dan informasi warga adalah korsleting listrik. Jadi ceritanya memang di meteran listrik turun, kemudian dinaikkan, lalu turun lagi dan tiba-tiba keluar api. Untuk rumahnya siapa, saya kurang tahu tapi yang saya dapat info seperti itu dari warga saya," ujarnya kepada IDN Times di Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (5/1) malam kemarin.

Baca Juga: Kebakaran di Petamburan, 5 Orang Terluka

2. Jumlah korban yang rumahnya terbakar mencapai 368 orang

Kebakaran di Petamburan, Lurah Jelambar: Disebabkan Korsleting ListrikIDN Times/ Amelinda Zaneta

Akibat kejadian tersebut, Ambari mengatakan bahwa jumlah warganya yang menjadi korban si jago merah itu sebanyak 368 orang dari total 92 Kartu Keluarga (KK).

"Dilihat dari warga yang terdampak dari bencana kebakaran ini, yang cukup besar meliputi dua RT yakni RT 07 dan RT 08. Lalu jumlah KK ada 92, jumlah rumah yang terbakar 40 rumah, jumlah korban yang terdampak 368 orang, tapi sampai saat ini kita tidak bisa menjabarkan berapa total kerugian materi," paparnya.

3. Kerugian materi akibat kebakaran tersebut masih belum diketahui karena pendataan belum dilakukan

Kebakaran di Petamburan, Lurah Jelambar: Disebabkan Korsleting ListrikIDN Times/ Amelinda Zaneta

Kendati banyak menimbulkan korban, Ambari mengatakan pihaknya masih belum bisa memaparkan kerugian materi akibat kejadian tersebut. "Saat ini belum kita bisa berikan data karena memang masih dalam proses, sebab yang terbakar banyak barang berharga seperti sepeda motor dan sejenisnya," ucapnya.

4. Lurah memastikan kebutuhan logistik para korban akan terpenuhi

Kebakaran di Petamburan, Lurah Jelambar: Disebabkan Korsleting ListrikIDN Times/ Amelinda Zaneta

Sambungnya, ia memastikan bahwa pihaknya akan memaksimalkan bantuan yang diterima untuk para korban kebakaran tersebut.

"Kapasitas makanan yang kita sediakan cukup besar bahkan berlebih, supaya para pengungsi senang dan bahagia. Kenyang pokoknya, saya jamin. Selain itu, ada juga berupa pakaian, selimut, dan sebagainya sudah kami siapkan. Mungkin besok (Minggu, 6/1) ada penambahan bantuan dari Dinas Sosial," tuturnya.

5. Dinas Sosial akan berikan perlengkapan sekolah kepada para korban anak-anak

Kebakaran di Petamburan, Lurah Jelambar: Disebabkan Korsleting ListrikPribadi

Tambahnya, Ambari mengatakan nantinya untuk para korban anak-anak akan mendapatkan paket bantuan berupa peralatan sekolah dari dinas sosial. "Tadi diminta data untuk bantuan pemberian dari Dinas Sosial yakni perlengkapan sekolah itu untuk anak sekolah sekitar 12 siswa SD, 33 siswa SMP, dan 15 siswa SMA ," pungkasnya.

Baca Juga: [FOTO] Begini Kondisi Para Warga Usai Kebakaran di Petamburan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya