Nama Disebut Dalam Sidang Meikarta, Mendagri Siap Dipanggil KPK

Neneng sebut nama Tjahjo dalam sidang Meikarta.

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan bersedia apabila dirinya diminta untuk datang ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus Meikarta. 

Hal tersebut dikatakan Tjahjo saat menyambangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) guna rapat bersama dengan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah terkait buruh imigran.

1. Siap dipanggil KPK terkait kasus Meikarta

Nama Disebut Dalam Sidang Meikarta, Mendagri Siap Dipanggil KPKIDN Times/Amelia Zaneta

Tjahjo mengaku siap dipanggil terkait penyebutan namanya oleh Bupati Bekasi nonaktif, Neneng Hassanah Yasin, pada saat sidang perkara di Pengadilan Tipikor Bandung beberapa waktu lalu. 

"Dengan munculnya telepon ini kalau saya diperlukan kesaksian saya siap hadir," ujarnya di Nusantara II, Kompleks Parlemen DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat ( 16/1).

Baca Juga: Bupati Neneng Akui Mendagri Tjahjo Pernah Minta Tolong Bantu Meikarta

2. Tjahjo menilai pembicaraannya dengan Neneng wajar

Nama Disebut Dalam Sidang Meikarta, Mendagri Siap Dipanggil KPKIDN Times/ Amelinda Zaneta

Di sisi lain Tjahjo menilai bahwa ucapannya kepada Neneng melalui sambungan telepon adalah hal yang wajar, karena kata dia panggilan tersebut berkaitan dengan perizinan bermasalah di Meikarta. 

"Yang pertama saya sudah terbiasa melakukan telepon, memanggil, termasuk yang berkaitan kalau ada permasalahan antara pemda pusat kemudian pemda daerah dan pemda kota kabupaten dan berkaitan dengan perizinan yang ada semua," paparnya. 

3. Wewenang perizinan adalah di tingkat kabupaten/kota

Nama Disebut Dalam Sidang Meikarta, Mendagri Siap Dipanggil KPKIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tjahjo menegaskan, yang memegang kendali terkait perizinan tersebut ada di tingkat kabupaten/kota.

"Yang kedua ini awalnya ada perbedaan persepsi antara Pemda Jabar dengan Pemda Bekasi. Kemudian kami dipanggil DPR hasilnya segera Kemendagri mengundang rapat kemudian saya mengundang mereka rapat sudah jelas intinya bahwa kewenangan memberikan izin itu ada pada Pemerintah Kabupaten Bekasi," paparnya. 

4. Nama Tjahjo disebut dalam sidang Neneng

Nama Disebut Dalam Sidang Meikarta, Mendagri Siap Dipanggil KPK(Bupati non aktif Bekasi Neneng Hassanah Yasin) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Sebelumnya, Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hasanah Yasin, duduk sebagai saksi dalam sidang lanjutan dugaan suap tersebut di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Senin (14/1). Dia bersaksi atas terdakwa Billy Sindoro, Henry Jasmen, Taryudi dan Fitradjadja Purnama.

Dalam sidang tersebut, Neneng menyinggung soal Mendagri. Neneng mengatakan saat itu ia dipanggil oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soemarsono untuk membahas soal Meikarta. Saat datang ke kantor Kemendagri itu, Dirjen Otda yang akrab disapa Soni menerima telepon dari Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Telepon itu dikasih ke saya, yang ngomong Pak Mendagri, minta tolong dibantu soal Meikarta," ucap Neneng.

Baca Juga: Disebut di Sidang Meikarta, Akankah KPK Panggil Tjahjo Kumolo?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya