Anggota DPR Semprot KPU-Bawaslu, Banyak Komisioner Absen

Jawaban KPU soal banyak komisioner absen

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus memarahi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam rapat kerja dengar pendapat, pada Senin (10/6/2024). 

Guspardi marah karena banyak komisioner KPU dan anggota Bawaslu yang absen dalam rapat. Ia mempertanyakan keseriusan KPU dan Bawaslu dalam mengikuti rapat ini.

"Baru pada hari ini inilah saya lihat baik KPU ataupun Bawaslu menampakkan ketidakseriusannya dalam menghadapi RDP ini. Hal itu saya perhatikan dari jumlah yang hadir," kata Guspardi dalam rapat bersama KPU dan Bawaslu di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Empat Caleg Terpilih PDIP Jateng Diganti KPU, Ini Alasannya

1. DPR sentil KPU-Bawaslu karena terkesan menyepelekan rapat

Anggota DPR Semprot KPU-Bawaslu, Banyak Komisioner AbsenAnggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus semprot KPU-Bawaslu karena banyak anggota absen. (YouTube.com/TV Parlemen)

Guspardi menegur KPU dan Bawaslu karena seolah-olah menyepelekan rapat kerja bersama Komisi II DPR hari ini. Padahal, kata dia, rapat ini cukup penting karena membahas evaluasi anggaran KPU dan Bawaslu pada 2024 

Ketidakhadiran sejumlah komisioner ini pun menjadi catatan tersendiri bagi Komisi II DPR RI. 

"Saya tidak berharap mitra saya ini seperti kondisinya pada hari ini terkesan seolah-olah dalam tanda kutip KPU dan Bawaslu dalam rapat hari ini menyepelekan RDP yang berkaitan terhadap pembahasan dan evaluasi anggaran," kata dia.

Baca Juga: Putusan MA Ubah Batas Usia Kepala Daerah, Ini Kata Bawaslu

2. Anggota DPR tegur Ketua Bawaslu

Anggota DPR Semprot KPU-Bawaslu, Banyak Komisioner AbsenKetua Bawaslu Rahmat Bagja (IDN Times/Triyan)

Guspardi menyayangkan hanya Ketua Bawaslu Rahmat Bagja yang hadir dalam rapat tesebut. Ia meminta Bawaslu saling menghormati.

"Kedua juga lebih tragis lagi adalah Bawaslu hanya satu-satunya ketua yang hadir. Ini memiriskan ini," ujar dia.

"Janganlah kita ini... Harus saling menghargai lah. Kita ini rapat secara terbuka, kami coba lihat jarang-jarang yang hadir seperti ini," lanjutnya.

Ia meminta supaya Bagja mengingat kembali anggotanya agar mengutaman rapat di Komisi II. Apalagi, undangan rapat telah dikirim sejak lama.

"Pak Bagja tolong Bagaimana ini anggotanya Harusnya kan ada schedule kegiatan yang sudah selama kami kirimkan, kegiatan-kegiatan yang lain itu bisa di-cancel ini adalah penting dan jarang-jarang kita melakukan rapat antara mitra dengan Komisi II ini," kata dia.

Baca Juga: KPU DKI: Dharma-Kun Wardana Penuhi Syarat Maju Pilgub Jakarta

3. Jawaban KPU alasan banyak anggota absen

Anggota DPR Semprot KPU-Bawaslu, Banyak Komisioner AbsenKetua KPU RI Hasyim Asy'ari usai rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menanggapi banyaknya anggota yang absen dalam rapat dengar pendapat hari ini. Hasyim mengatakan, komisioner KPU hari ini berbagi tugas. 

"Rapat konsultasi yang diselenggarakan oleh Komisi II DPR bersama KPU dan Bawaslu kami dari KPU tujuh orang anggota yang hadir tiga orang yang lain sedang ada sidang MK," kata dia.

"Kemudian juga ada juga anggota KPU yang mempersiapkan yang menindaklanjuti putusan MK yang statusnya dikabulkan," lanjutnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya