Disebut Masih di Indonesia, Polisi Buru Dito Mahendra

Keluarga mengaku tak tahu keberadaan Dito

Jakarta, IDN Times - Polisi terus mencari keberadaan pengusaha Dito Mahendra Sampurno alias Dito Mahendra, tersangka kepemilikian senjata api ilegal yang saat ini telah ditetapkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Dito sudah kita DPO, sementara tim kami sedang mencari,” ujar Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro, di Mabes Polri, Selasa (16/5/2023).

1. Polisi pastikan Dito Mahendra masih di Indonesia

Disebut Masih di Indonesia, Polisi Buru Dito MahendraWiraswasta, Mahendra Dito berjalan keluar usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (6/2/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Djuhandhani mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan pihak imigrasi. Menurutnya, Dito Mahendra tidak terlihat di perlintasan, yang artinya ia masih berada di Indonesia.

“Untuk saat ini hasil koordinasi dengan imigrasi, bahwa di perlintasan saudara Dito tidak terlihat dalam perlintasan. Artinya yang bersangkutan berada di dalam negeri ataupun di Indonesia,” kata dia.

Baca Juga: Dito Mahendra Resmi Ditetapkan Jadi DPO Polri

2. Periksa keluarga sebagai saksi

Disebut Masih di Indonesia, Polisi Buru Dito MahendraWiraswasta, Mahendra Dito (kiri) meninggalkan Gedung Merah Putih KPK seusai diperiksa di Jakarta, Senin (6/2/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Lebih lanjut, dia mengatakan penyidik Bareskrim Polri telah menggali keterangan dari pihak keluarga untuk mengetahui keberadaan Dito Mahendra. Namun, mereka mengaku tidak mengetahui keberadaannya.

Dia juga mengatakan, Dito Mahendra juga tidak ada di kediamannya. Tak pelak, ia mengingatkan Dito nenyerahkan diri ke Bareskrim Polri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kemudian terkait dengan saksi-saksi, kami sudah memeriksa dari pihak keluarga terdekat, sudah kita lakukan pemeriksaan terkait keberadaan yang bersangkutan dan lain sebagainya,” ujar dia.

3. Polri tetapkan Dito Mahendra DPO

Disebut Masih di Indonesia, Polisi Buru Dito MahendraWiraswasta, Mahendra Dito (tengah) meninggalkan Gedung Merah Putih KPK seusai diperiksa di Jakarta, Senin (6/2/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bareskrim Polri akhirnya menetapkan Dito Mahendra ke dalam DPO setelah mangkir pada pemanggilan yang kedua. Dia sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal.

"Selanjutnya, penyidik akan terbitkan DPO," ujar Djuhandhani.

Bareskrim Polri akan berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk meminta penerbitan cegah tangkal (cekal) Dito Mahendra.

Hal ini dilakukan untuk mencegah upaya Dito Mahendra kabur ke luar negeri. Dengan begitu, keberadaanya dapat segera ditemukan.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak imigrasi maupun beberapa maskapai penerbangan. Namun, belum kami dapatkan yang bersangkutan melaksanakan penerbangan," kata dia.

Baca Juga: Polri Bakal Tetapkan Dito Mahendra DPO Jika Besok Mangkir Lagi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya