Polda Metro Minta Maaf Car Free Day Menimbulkan Kemacetan

Masyarakat diimbau gunakan kendaraan umum

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menerapkan car free day setiap hari Jumat sebagai salah satu resolusi mengglorifikasi kawasan hijau di kawasan markas pada 2023. Namun, kebijakan ini justru menimbulkan kemacetan panjang di Jalan Gatot Subroto menuju pintu akses markas.

Polda Metro Jaya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat.

“Kami mohon maaf apabila jadi hal ini. Dan kami akan sosialisasikan kembali,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (17/3/2023).

1. Polda Metro Jaya akan melakukan evaluasi

Polda Metro Minta Maaf Car Free Day Menimbulkan KemacetanIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Trunoyudo mengatakan pihaknya akan mengevaluasi kebijakan itu. Tetapi car free day tetap akan berlanjut pada Jumat pekan depan.

Dia juga meminta pada masyarakat yang akan melakukan permintaan pelayanan ke Polda Metro Jaya agar menggunakan transportasi publik.

“Silakan setiap hari Jumat gunakan transportasi umum bila ke Polda Metro Jaya dan kemudian tidak menjadi antrean yang panjang,” ucap dia.

Baca Juga: Pedagang Kaki Lima Dipertimbangkan Boleh Jualan Lagi di Car Free Day

2. Kendaraan motor dan mobil yang masuk Polda Metro dibatasi

Polda Metro Minta Maaf Car Free Day Menimbulkan KemacetanGedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Trunoyudo mengatakan kebijakan ini juga berlaku bagi seluruh anggota Polda Metro Jaya.

Pihaknya akan menggencarkan kembali sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya kebijakan car free day yang diberlakukan setiap Jumat.

3. Layanan tetap buka

Polda Metro Minta Maaf Car Free Day Menimbulkan KemacetanKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko (IDN Times/Amir Faisol)

Trunoyudo memastikan layanan kepada masyarakat tetap akan berlangsung meski ada kebijakan car free day. Yang berlangsung selama jam kantor.

“Maka bagi masyatakat yang akan melakukan permintaan pelayanan tetap kami layani namun prosesnya setiap hari Jumat diimbau menggunakan transportasi umum,” ucap dia.

Sebagai informasi, Polda Metro Jaya memberlakukan car free day di lingkungan Mapolda Metro Jaya setiap Jumat mulai 3 Maret 2023 lalu. Trunoyudo menjelaskan bahwa kebijakan itu diberlakukan dalam rangka mengurangi jumlah kendaraan di lingkungan markas dan mengurangi polusi udara.

Baca Juga: Gen Z Jangan Berkelahi, Mending Ikut Street Boxing Polda Metro Jaya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya