Ratusan Buruh Demo, Kawal Sidang Judicial Review UU Cipta Kerja di MK

Kawasan Mahkamah Konstitusi sudah diblokade

Jakarta, IDN Times - Ratusan anggota Partai Buruh melakukan unjuk rasa di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada Senin (5/6/2023). Mereka akan mengawal sidang judicial review Undang-Undang (UU) Cipta Kerja di Mahkamah Konstitusi (MK).

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan Partai Buruh menjadi satu-satunya partai politik di Indonesia yang mengajukan judicial review, uji formil, dan materill UU Omnibus Law ke MK.

“Tujuan kami aksi pada hari ini adalah mengawal sidang mahkamah konstitusi terkait dengan sidang kedua yaitu permohonan partai buruh, satu-satunya partai politik yang mengajukan judisial review, uji formil, dan uji materil UU Omnibus Law,” kata dia, dalam konferensi pers di lokasi, Senin (5/6/2023).

Pantauan IDN Times di lokasi, ratusan buruh dari berbagai kelompok terlihat berbaris rapi di bawah jembatan penyebrangan tepat di depan Patung Kuda.

Mereka tidak bisa melintas memasuki kawasan Mahkamah Konstitusi lantaran jalan menuju ke sana sudah di blokade dengan kawat berduri.

Selain itu, terdapat juga barikade berlapis serta puluhan personel kepolisian yang melalukan penjagaan di lokasi.

Ratusan anggota buruh saat ini masih menunggu di seputaran Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Rencananya unjuk rasa akan dilakukan sampai pukul 15.00 WIB, Senin (5/6/2023) sore ini.

“Kami akan terus di sini, mengawal sampai sidang selesai pukul 15.00 WIB nanti,” tuturnya.

Baca Juga: Ribuan Buruh Gelar Unjuk Rasa Geruduk MK dan Istana Hari Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya