TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengapa Twitter Sarankan Ratusan Juta Penggunanya untuk Ganti Password?

Daripada data kamu dicuri dan dipakai orang

AFP PHOTO/Leon Neal

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 336 juta pengguna Twitter diminta untuk mengganti password mereka pada Jumat (4/5). Hal ini disebabkan Twitter menemukan adanya bug yang dapat mengungkap password para penggunannya dalam log internal. 

Peristiwa ini seolah mengingatkan publik pada peristiwa pencurian data pribadi yang menimpa Facebook. Namun, alih-alih menutup-nutupi peristiwa tersebut, CEO Twitter, Jack Dorsey sudah mewanti-wanti penggunanya sejak awal. Ia menyampaikan melalui akun Twitter pribadinya @jack. Lalu, apa saja yang ia sampaikan? Dan apa yang dapat kamu lakukan agar data pribadimu gak dicuri?

Baca juga: Tak Mau Disalahkan Sendiri, Facebook Seret Twitter dan Google

1. Tidak ada indikasi pencurian atau penyalahgunaan data

AFP PHOTO/Leon Neal

Dalam akun Twitternya, Dorsey memastikan kepada ratusan juta penggunanya kalau permasalahan tersebut telah berhasil diatasi. Ia juga mengatakan sejauh ini tidak ada data yang dicuri atau disalahgunakan. Namun, gak semua pengguna Twitter percaya mengenai hal itu. 

 


Pengguna akun Twitter @MikeIsaac meragukan pernyataan Twitter bahwa tidak ada data yang dicuri atau disalahgunakan. 

"Maafkan saya, tetapi saya tidak percaya pernyataan 'tidak ada bukti password telah dicuri atau disalahgunakan," tulis pengguna akun Twitter tersebut. 

2. Memilih bersikap terbuka kepada publik 

AFP PHOTO

Twitter sepertinya belajar dari peristiwa yang menimpa Facebook. Sehingga, sang CEO Jack Dorsey memilih untuk langsung menyampaikan hal tersebut kepada publik. Bahkan, CTO Twitter, Parag Agrawal sempat mengakui kalau ia keliru dengan menyebut mereka tidak memiliki kewajiban menyampaikan itu ke publik soal sistem mereka yang dimasuki oleh bug. 

"Itu kesalahan saya," kata Agrawal di akun Twitternya. 

Pernyataan itu kemudian dicuit ulang oleh Jack Dorsey. Ia mengatakan agar belajar dari kesalahan tersebut dan segera fokus ke permasalahan lain. 

 

Baca juga: Manjakan Pecinta Bola, Cuplikan Piala Dunia 2018 Bisa Diakses Lewat Twitter!

 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya