TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Khofifah Pastikan Tidak Ada PSBB di Jawa Timur  

Yang terpenting adalah disiplin protokol kesehatan

Peresmian RS darurat lapanhan ditandai dengan pelepasan burung merpati. IDN Times/Alfi Ramadana

Malang, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan tak akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayahnya. Ketimbang memberlakukan pembatasan, ia meminta masyarakat disiplin protokol kesehatan.

1. Belum pernah bahas kemungkinan PSBB

Khofifah saat berfoto bersama relawan dan perawat yang bertugas di RS lapangan Idjen Boulevard. IDN Times/Alfi Ramadana

Khofifah menyebut bahwa saat ini belum ada pembicaraan terkait hal tersebut dengan Forkopimda provinsi. Sebaliknya, koordinasi yang mereka lakukan adalah bagaimana secepat mungkin mengoperasikan RS lapangan tersebut untuk membantu penanganan COVID-19. 

"Yang kami bahas bersama pangdam dan kapolda adalah penyiapan RS darurat lapangan ini agar segera beroperasi. Belum ada terkait PSBB," kata Khofifah saat meresmikan Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Idjen Boulevard di Malang, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga: Pasar Kecewa PSBB Diperketat, Rupiah Anjlok

2. Disiplin protokol kesehatan tetap menjadi fokus utama

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peninjauan RS lapangan usai peresmian. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebaliknya, Khofifah menyebut bahwa hal utama yang harus dilakukan oleh masyarakat untuk memutus rantai penularan COVID-19 adalah dengan mematuhi protokol pencegahan COVID-19. Bahkan, ia menyebut keberadaan RS khusus COVID-19 juga tak akan berarti apapun jika masyarakat tidak disiplin protokol kesehatan. 

"Sekarang ini dokter-dokter sudah lelah. Perawat-perawat juga sudah lelah karena terus melakukan perawatan terhada pasin COVID-19 mulai bulan Maret. Untuk itu untuk pencegahan, kedisiplinan terhadap protokol COVID-19 di masyarakat harus menjadi yang utama," tandasnya. 

Baca Juga: Lonjakan Kasus COVID-19 Jatim Tinggi, Pemprov Pertimbangkan PSBB

Verified Writer

Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya