Geram Dikait-kaitkan, Eep Saefulloh Desak Tous les Jours Klarifikasi

Eep tegaskan, dia dan Sadrina Malakiano bukan pemilik

Jakarta, IDN Times - Kasus toko kue Tous les Jours yang dituding intoleran, masih melahirkan persoalan baru. Kasus yang bermula dari viralnya unggahan foto aturan penulisan ucapan cake di Instagram itu berakhir dengan klarifikasi pihak Tous les Jours dalam akun Instagram mereka. Meski demikian, ada pihak lain yang merasa dirugikan karena namanya terseret dalam pusaran info viral ini.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram pakar politik Eep Saefulloh Fatah. Merasa geram dituding sebagai pemilik Tous les Jours, Eep dan istrinya Sandrina Malakiano menyampaikan bantahan yang diunggah Sabtu (23/11) dini hari.

"Mohon untuk tidak asal bicara tanpa dasar! Berhentilah memfitnah kami dengan membabi buta! Hentikan hoax yang brutal ini! (1) Semua informasi yang mengaitkan kami berdua -- Sandrina Malakiano @smalakiano dan Eep Saefulloh Fatah @eepsfatah -- dengan Tous les Jours (TLJ) @touslesjoursid, tidak benar sama sekali. Itu sepenuhnya hoax," tulis Eep dalam caption unggahan fotonya di akun @eepsfatah tertanggal 21 November.

1. Eep menegaskan dia dan istrinya bukan pemilik Tous les Jours

Geram Dikait-kaitkan, Eep Saefulloh Desak Tous les Jours KlarifikasiInstagram @eepsfatah

Eep pun menegaskan bahwa dia dan istrinya bukan pemilik toko kue yang sedang tersandung kasus heboh tersebut.

"Kami bukan pemilik TLJ dan/atau direktur dan/atau pemilik franchise salah satu gerainya. Kami tidak punya kaitan apapun dengan @touslesjoursid. Bahkan, sekadar pelanggan pun bukan. Apapun yang dilakukan TLJ tak ada urusannya dengan kami."

2. Mendesak pihak Tous les Jours memberikan klarifikasi agar dia dan istrinya tidak dikaitkan

Geram Dikait-kaitkan, Eep Saefulloh Desak Tous les Jours Klarifikasi(Eep Saefulloh dan Sandrina Malakiano) Instagram @eepsfatah

Meski sebelumnya pihak Tous les Jours sudah mengklarifikasi tentang unggahan peraturan pengiriman kue cake yang dituding intoleran, klarifikasi lanjutan dinilai masih perlu terkait isu yang menyeret Eep dan Sandrina.

"(2) Oleh karena itu, kabar yang beredar tentang sikap intoleran manajemen TLJ @touslesjoursid terhadap pemeluk beragam agama, tak ada kaitan apapun dengan kami berdua. Mohon berhenti mengait-ngaitkan kami dengan @touslesjoursid. Kami juga meminta pihak @touslesjoursid untuk segera memberikan klarifikasi tentang tak terkaitnya kami sama sekali dengan mereka.

(3) Kami berdua pun tidak sependapat dengan sikap-sikap intoleran semacam itu. Hingga saat ini, kami hidup, berteman, bersahabat bahkan berkerabat/berkeluarga dengan pemeluk agama yang beragam dengan terus memegang prinsip saling hormat, saling percaya dan saling menjaga hak dan kewajiban masing-masing. Sudah seharusnya @touslesjoursid menghentikan kebijakan semacam itu -- apapun alasannya."

3. Eep tak ragu untuk menempuh jalur hukum

Geram Dikait-kaitkan, Eep Saefulloh Desak Tous les Jours KlarifikasiInstagram @eepsfatah

Eep dan istrinya pun akan menempuh jalur hukum untuk merespons sejumlah pihak yang mengkait-kaitkan mereka berdua dengan kasus Tous les Jours.

"(4) Saat ini kami mempercayakan kepada tim hukum kami untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan berkaitan dengan hoax dan fitnah tentang kami ini. Kami beri kepercayaan tim hukum kami untuk mengambil langkah hukum terhadap siapapun yang -- berdasarkan jejak digital yang tersedia -- terlibat dalam penyebaran hoax dan fitnah ini. Sekali lagi, mohon tidak asal bicara dan memfitnah kami -- dan siapapun -- tanpa dasar."

4. Tous les Jours tersandung kasus peraturan penulisan ucapan cake yang intoleran

Geram Dikait-kaitkan, Eep Saefulloh Desak Tous les Jours KlarifikasiPeraturan penulisan di kue oleh Tousles Jours Indonesia (Twitter/@angieltca)

Tous les Jours jadi perbincangan hangat linimasa Twitter setelah sebuah postingan foto dari toko tersebut yang melarang hiasan kue di luar syariat Islam menjadi viral. Postingan foto diunggah akun @angieltca pada Jumat (22/11).

Dalam foto tersebut tertulis beberapa peraturan penulisan ucapan cake. Misalnya, disebutkan toko hanya akan menuliskan ucapan hari besar umat agama Islam saja. "Please clarify this Tous Les Jours. @TouslesJours_Id," twit akun @angieltca.

Dalam peraturannya, Tous les Jours menyebutkan larangan sesuai dengan sistem jaminan halal produk. Di dalam foto tersebut, tertulis peraturan yang dicantumkan memiliki referensi dari sistem jaminan halal produk. Juga dituliskan produk tidak diperbolehkan memuat hal yang tidak sesuai dengan syariat Islam.

Pada peraturan itu diberikan contoh, larangan untuk melampirkan tulisan Selamat Hari Natal pada kue. Contoh lainnya, Tous les Jours melarang tulisan Valentine, Halloween ataupun Imlek.

5. Tous les Jours sudah melakukan klarifikasi tapi tidak menyertakan masalah Eep dan istrinya

Geram Dikait-kaitkan, Eep Saefulloh Desak Tous les Jours KlarifikasiPengumuman manajemen Tour Les Jours di akun Instagram perusahaan/ Instagram Tour Les Jours

Tous les Jours Indonesia mengklarifikasi, peraturan yang sudah terlanjur viral itu. "Dapat dilihat bahwa materi tersebut juga di-print tanpa logo, design, dan standard TLJ," tulis manajemen Tous les Jours pada, Jumat (22/11). Adapun klarifikasi tertulis manajemen Tous les Jours Indonesia yang dimuat di akun Instagram resminya hari ini menyebutkan tiga poin:

Pertama,  terkait peraturan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen.

Kedua,  dalam menjalankan kegiatan usaha di Indonesia, manajemen sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya dan/atau antar golongan.

Ketiga, manajemen memohon maaf sebesarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous les Jours selama ini.

Baca Juga: Ada Larangan Ucapan Natal, Toko Tous les Jours Panen Kritik di Twitter

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya