Roy Suryo Sebut Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire Halu

Roy Suryo menyebutnya halu, usai beradu argumen mengenai PBB

Jakarta, IDN Times - Petinggi Sunda Empire, Rangga Sasana hadir di talkshow Indonesia Lawyers Club, Selasa (21/1) malam. Seperti pengakuan Rangga dalam berbagai kesempatan, Rangga menyebut Sunda Empire sebagai suatu bentuk kekaisaran matahari yang dia sebut pula sebagai De Heeren Zeventien.

Suasana ILC menjadi penuh tawa, dengan kehadiran Rangga Sasana. Namanya kian terkenal di publik sejak muncul menyebut Sunda Empire sebagai penguasa bumi. Sejumlah nara sumber yang hadir di ILC terbengong-bengong mendengarkan penjelasan Rangga yang mengaku sebagai sekretaris jenderal di De Heeren Zeventien.

Salah satu nara sumber yang sempat beradu argumen dengan Rangga ialah Roy Suryo. Politikus Partai Demokrat itu menyebut Rangga halu.

1. Roy Suryo menyebut Rangga halu

Roy Suryo Sebut Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire HaluSekjen Sunda Empire Rangga Sasana (Youtube/Indonesia Lawyers Club)

Perdebatan itu berawal saat Rangga menyebut PBB dan Pentagon lahir di Bandung. Dia juga menyebut-nyebut gedung Isola yang ada di kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung sebagai markasnya, sekaligus membantah penjelasan nara sumber sebelumnya, Roy Suryo. 

"Perlu tahu nanti sejarah Indonesia ya. Kalau tadi Mas Suryo mengatakan Isola itu apa, salah. Isola itu International Soldat Ladder," kata Rangga.

Roy Suroy lantas menyela Rangga dengan mengatakan, "PBB gak di Bandung Pak."

Rangga pun dengan tegas membalas, "PBB itu di Bandung, Pak," kata dia.

Sembari tersenyum Roy menyahuti, "Enggak, Pak."

"Itu berarti belum mengenal sejarah. Belum mengenal sejarah saudara itu. Dengar, nanti kita buka," sambar Rangga.

Roy pun tergelak dan berkata, "Kacau ini, Halu ini."

2. Rangga klaim Sunda Empire di atas PBB

Roy Suryo Sebut Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire HaluDok. IDN Times/Istimewa

Tak berhenti sampai di sana, Rangga menyebutkan bahwa Sunda Empire ada di atas PBB.

"Jadi sebenarnya PBB itu siapa sih? Ini nanti kita lihat adalah pada posisi, di atasnya PBB itu De Heeren Zeventien. De Heeren Zeventien adalah kekaisaran Sunda. Itulah nanti kaisarnya ada," ujar Rangga penuh keyakinan.

"Jadi PBB di bawahnya?" tanya pembawa acara, Karni Ilyas berusaha meyakinkan apa yang baru didengarnya dari Rangga.

"Ya, di bawahnya De Heeren Zeventien," tegas Rangga.

Dia juga memaparkan pembagian-pembagian negara sebagai pemegang tanggung jawab dalam dewan PBB itu sengaja diatur pihaknya.

"Nanti kita buka kenapa PBB itu dipindah ke Amerika, dan Amerika mendapatkan tugas security council, kenapa Inggris dapat defense council, bagaimana Belanda mendapat sebagai mahkamah internasional," lanjutnya.

3. Rangga paparkan jabatan pimpinan di Sunda Empire

Roy Suryo Sebut Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire Halu(Tangkap layar Gideon Sihombing) IDN Times/Azzis Zulkhairil

"Faktor dari jabatan saya di sini Sunda Empire ialah, saya sekretaris De Heeren Zeventien," kata Rangga mengawali penjelasannya.

Saat Karni Ilyas kembali memastikan posisi Rangga di Sunda Empire, Rangga menyebut jabatannya di De Heeren Zeventien ialah sekretaris jenderal. "Saat ini Ketua De Heeren Zeventien masih dijabat grand prime minister," lanjutnya.

Dia menyebut jabatan ketua diisi oleh "Bung Nasri Banks" yang kini berada di Bandung.

Baca Juga: Mengaku Penguasa Bumi, Sekjen Sunda Empire: PBB Ada di Bawah Kita

4. Cerita soal Sunda Empire, kekaisaran matahari

Roy Suryo Sebut Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire HaluKelompok Sunda Empire (facebook.com/queen.renny)

Rangga mengatakan Sunda Empire adalah salah satu bentuk kekaisaran matahari yang sudah ada sejak zaman Alexander The Great, sejak zaman 324 sebelum Masehi.

"Apa itu De Heeren Zeventien? Itu adalah panitia 17 sejak Perang Dunia II. Sejak bom Hiroshima Nagasaki dihancurkan, maka seluruh pemerintahan bumi, dinolkan. Lalu pada saat itu, Kekaisaran Sunda selaku pemilik atas sertifikat bumi Alen Dilen yaitu atas dinasti Padjajaran Siliwangi meneruskan atas tatanan bumi diberikan kepada Vatikan," paparnya.

Fenomena Sunda Empire semakin dibicarakan publik. Rangga, yang mengaku sebagai salah satu petinggi Sunda Empire itu, berkukuh dengan cerita yang disampaikannya meski banyak orang yang menilai dia mengalami gangguan jiwa.

Baca perkembangan terkini seputar banjir dan artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Sunda Empire Ogah Disamakan dengan Keraton Baru

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya