Satgasus Antikorupsi Polri Datangi Bea Cukai Priok, Ngecek Apa?

Novel Baswedan pimpin tim ke Bea Cukai Pelabuhan Priok

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pencegahan Korupsi Polri melakukan tinjauan lapangan ke KPU Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe A Tanjung Priok. Kedatangan tersebut dalam rangka mendalami bisnis pemeriksaan barang di Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/5/2022).

"Dalam hal ini, Satgasus Pencegahan Korupsi Polri membantu dan mendampingi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang sejak tahun 2019 sedang melaksanakan Program Penguatan Reformasi Bea Cukai," kata Wakil Ketua Satgasus Pencegahan Korupsi Polri Novel Baswedan yang memimpin langsung tinjauan lapangan ini, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Kepala Bea Cukai Bandara Soetta: Tidak Ada Mafia Impor, Itu Isu!

1. Mendalami proses bisnis pemeriksaan barang di Pelabuhan Tanjung Priok

Satgasus Antikorupsi Polri Datangi Bea Cukai Priok, Ngecek Apa?(Eks penyidik senior KPK Novel Baswedan ketika diwawancarai khusus) IDN Times/Ashari Arief

Menurut Novel, tujuan pelaksanaan tinjauan lapangan tersebut dalam rangka mendalami proses bisnis pemeriksaan barang di Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok Jakarta.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan perbaikan tata kelola ekspor dan impor dalam upaya memperbaiki nilai Indeks Persepsi Korupsi Indonesia sebagaimana yang dicanangkan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo saat Rapat Dengar Pendapat dengan DPR pada tanggal 24 Januari 2022.

Baca Juga: Kemenkeu Copot Pejabat Bea Cukai yang Lakukan Pungli Rp1,7 M di Soetta

2. Mencegah peluang korupsi

Satgasus Antikorupsi Polri Datangi Bea Cukai Priok, Ngecek Apa?Ilustrasi ribuan peti kemas di atas sebuah kapal kontainer. (Unsplash.com/Rinson Chory)

Kegiatan di KPU BC Tipe A Tanjung Priok ini merupakan awal dari kegiatan lapangan yang akan dilaksanakan Satgasus Pencegahan Korupsi Polri bersama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Inspektorat Bidang Investigasi Kementerian Keuangan.

"Diharapkan pelaksanaan program bersama antara Polri dan Kementerian Keuangan ini dapat mencegah peluang terjadinya korupsi pada kegiatan ekspor dan impor yang berimplikasi pada kemudahan berusaha dan peningkatan penerimaan negara," ujar Novel.

Baca Juga: Bea Cukai Antisipasi Kasus "Unboxing" Motor Balap Jelang MotoGP 2022 

3. Satgasus Pencegahan Korupsi diterima Sekditjen Bea Cukai

Satgasus Antikorupsi Polri Datangi Bea Cukai Priok, Ngecek Apa?ANTARA FOTO / Aditya Pradana Putra

Dalam tinjauan lapangan eks penyidik senior KPK tersebut datang bersama tim yang terdiri atas Giri Suprapdiono, Rizka Anungnata, Aulia Postiera, Farid Andhika, Candra Septina, Panji Prianggoro, Qurotul Aini, dan Dina Marliana.

Kedatangan Tim Satgasus Pencegahan Korupsi Polri diterima Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Ayu Sukorini, Direktur Kepatuhan Internal Agus Hermawan beserta tim.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya