[UPDATE] 3.198 Orang Meninggal di 81 Negara akibat Virus Corona

Lebih dari 50 ribu orang sembuh dari virus corona

Jakarta, IDN Times - Jumlah kematian akibat virus corona baru yakni COVID-19 sudah melampaui prediksi awal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut tingkat kematian akibat wabah ini mencapai 3,4 persen, melampaui perkiraan awal yakni 2 persen. 

Berdasarkan pusat data universitas John Hopkins CSSE, per Rabu (4/3) pukul 13.30 WIB, jumlah kematian akibat virus ini terkonfirmasi 3.198 kasus. Sedangkan jumlah kasus pasien yang positif terkena virus corona sebanyak 93.158 yang tersebar di 81 negara. 

Baca Juga: Angka Kematian Akibat Virus Corona di Italia dan Iran Naik Drastis

1. Jumlah kematian jauh melampaui perkiraan awal para ilmuwan

[UPDATE] 3.198 Orang Meninggal di 81 Negara akibat Virus CoronaPeta persebaran virus corona di dunia per 4 Maret (Dok. WHO)

WHO mengatakan tingkat kematian akibat virus corona di dunia beragam mulai dari 0,7 hingga 4 persen, bergantung pada kualitas sistem perawatan yang didapat oleh pasien di negara masing-masing.

Sebelumnya para ilmuan menyebutkan tingkat kematian dari virus corona akan berada di tingkat sekitar angka 2,3 persen dari total kasus. Namun, angka itu sudah jauh terlampaui. Hari ini, tingkat kematian berkisar di 4 persen.

3. 50 ribuan orang sembuh dari virus corona. Tingkat kesembuhan di Tiongkok hingga 61 persen

[UPDATE] 3.198 Orang Meninggal di 81 Negara akibat Virus CoronaSeorang pekerja komunitas memeriksa suhu badan seorang pria saat polisi memeriksa dokumennya di pos pemeriksaan yang dibuat di jalur masuk ke jalan di Wuhan, pusat terjadinya penularan virus corona baru, provinsi Hubei, Tiongkok, pada 20 Februari 2020. ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS

Meski jumlah kasus baru terus bertambah, jumlah pasien yang sembuh dari virus ini pun cukup tinggi 50.690 berdasarkan data John Hopkins CSSE. Jumlah kasus terbanyak ada di Tiongkok yakni 80.270 kasus. Berbanding lurus dengan jumlah kasus yang banyak, jumlah kesembuhan tertinggi pun ada di Tiongkok. Total pasien sembuh di Tiongkok 49.884 atau sekitar 61 persen.

3. Jumlah kasus terbanyak di 4 negara, kematian akibat virus corona di Italia naik drastis

[UPDATE] 3.198 Orang Meninggal di 81 Negara akibat Virus Corona(Proses tes virus corona melalui drive thru) Tangkapan layar TV Arirang

Empat negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak secara berurutan ialah Tiongkok dengan 80.270 kasus virus corona, Korea Selatan 5.328 kasus, Italia 2.502, iran 2.336.

Sedangkan, berdasarkan jumlah kematian terbanyak, Tiongkok tetap yang tertinggi 2.871 kematian. Italia dengan 79 kematian menyalip Iran di posisi ketiga dengan 77 kematian. Jumlah kematian di Italia naik drastis dari 52 pada Selasa (3/3) menjadi 79 pada hari ini.  Sedangkan, Korea Selatan di posisi keeempat dengan 28 kematian.  

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Seberapa Efektif Hand Sanitizer Mencegah Virus Corona? Ini Faktanya!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya