Comscore Tracker

Sumbangkan Truk ke PMI, Kalbe: Agar Gak Ada Krisis Air saat Bencana

Jadi hadiah bagi PMI di usianya yang ke-77

Jakarta, IDN Times - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mendonasikan satu truk tangki kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Truk tangki air yang mampu menampung 5 ribu liter air bersih itu akan digunakan untuk merespons situasi tanggap bencana di Indonesia.

“Kami selalu hadir bersama dengan pemerintah dan PMI bersama menyehatkan bangsa. Salah satunya kita menyerahkan donasi, yaitu satu unit truk tangki air bersih, untuk mendukung PMI agar bisa membantu korban bencana yang memerlukan air bersih. Itu peran Kalbe untuk membuat Indonesia lebih sehat,” kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Mulialie, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Sabtu (24/9/2022).

1. Hadiah bagi 77 tahun PMI

Sumbangkan Truk ke PMI, Kalbe: Agar Gak Ada Krisis Air saat BencanaKetua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Bapak Jusuf Kalla melakukan penandatangan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Bencana alam selalu datang tak terduga. Saat itu terjadi, air bersih sangat dibutuhkan oleh para korban namun sulit untuk memenuhinya. Truk tangki itu diharapkan bisa menjadi sarana yang mengangkut air bersih ke tempat bencana alam

Ketua Umum Pengurus Besar PMI, Jusuf Kalla, menyampaikan terima kasih atas bantuan Kalbe.

“Tema untuk ulang tahun ini, terus tebar kebaikan. Kita bekerja kepada seluruh masyarakat, dengan selalu ada dukungan dari masyarakat, baik itu perusahaan, pemeritah, membantu PMI. Dari tangan pengusaha turut membantu masyarakat,” tutur pria yang karib disapa JK, merujuk pada ulang tahun ke-77 PMI.

Baca Juga: 17 September Hari Palang Merah Nasional: Sejarah dan Profil

2. Perkuat komitmen kerja sama Kalbe-PMI 

Sumbangkan Truk ke PMI, Kalbe: Agar Gak Ada Krisis Air saat BencanaFoto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia itu menekankan, PMI akan terus mengabdi dan bekerja untuk masyarakat Indonesia. Kendati beitu, perlu kesiapan, latihan, dan perlengkapan yang memadai agar insan PMI siap menjalankan tugas-tugas kemanusiaan.

Ini bukan kerja sama pertama antara Kalbe dengan PMI. Kalbe telah berkomitmen mendukung PMI melalui sejumlah dukungan, termasuk melakukan kegiatan donor darah di lebih dari 50 titik kantor cabang Kalbe Grup di seluruh Indonesia. Setiap tahunnya, hampir 10 ribu kantong darah diberikan untuk masyarakat Indonesia melalui PMI.

“Komitmen ke depan, Kalbe akan terus mendukung inisiatif keberlanjutan yang dicanangkan pemerintah bahkan global, guna memberikan akses layanan kesehatan demi Indonesia yang lebih sehat. Kita juga akan lihat perkembangan, apa saja yang dibutuhkan PMI, kita akan hadir bersama PMI agar bisa membuat masyarakat lebih sehat,” jelas Mulialie.

3. Kalbe juga fokus terhadap pengentasan stunting

Sumbangkan Truk ke PMI, Kalbe: Agar Gak Ada Krisis Air saat BencanaANTARA FOTO/Maulana Surya

Sebagai informasi, Kalbe telah berdiri sejak 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.

Kalbe kini memiliki lebih dari 40 anak perusahaan dan 15 fasilitas produksi berstandar internasional, dan mempekerjakan sekitar 16 ribu karyawan yang tersebar di 76 cabang di seluruh Indonesia. Sejak 1991, saham Kalbe tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Komitmen Kalbe dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat juga terlihat pada program pengentasan stunting. Pada 2022, Kalbe menggandeng Universitas Yarsi untuk berkolaborasi melawan stunting dalam bentuk edukasi kesehatan, dukungan produk nutrisi untuk perbaikan gizi, dan pengurangan prevalensi stunting.

Kolaborasi Kalbe dengan Universitas Yarsi merupakan bentuk CSR selama 2 tahun, yang sudah dimulai dari 15 Juli 2022.

“(Kalbe dan Universitas Yarsi) sudah menyiapkan fasilitas edukasi, pengukuran parameter gizi, serta penyaluran produk susu untuk ibu hamil termasuk jalur distribusi dan penyimpanan di sana. Program ini untuk awalnya dilakukan selama 6 bulan terhadap 60 ibu hamil. Seiring berjalannya program, tentu ada evaluasinya untuk dilihat perkembangannya,” kata Abi.

“Bersama Universitas Yarsi, kami mau melihat apa dampaknya, dari awal sampai setelah enam bulan. Kalau di-review dan makin baik, kita akan implementasikan di tempat lain. Kita mengharapkan, di akhir kita bisa lihat apakah status gizi ibu betul bisa menjadi baik. Juga begitu melahirkan, anak-anaknya dalam kondisi optimal, berat badannya pun ideal,” tambahnya.

Baca Juga: Kalbe Terima Fasilitas Pinjaman Rp1 Triliun dari BNI

Andi IR Photo Verified Writer Andi IR

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya