Comscore Tracker

Korban Terbanyak Kecelakaan Maut di Tol Cipali Berasal dari Xpander

Sebanyak 12 orang meninggal dunia

Majalengka, IDN Times - Tabrakan beruntun terjadi di KM 150 Tol Cipali, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (17/6) dini hari. Sebanyak 12 orang meninggal dunia dan 43 lainnya luka-luka akibat kecelekaan ini. Dugaan sementara, sopir bus yang sedang mengemudi diserang penumpang pria bernama Anshor.

Belum diketahui motif pria 29 tahun itu menyerang sang sopir hingga mengakibatkan kendaraannya menabrak mobil lain dari arah berlawanan. Polda Jawa Barat masih mendalami dan menyelidiki motif Anshor yang sudah ditetapkan tersangka.

Sejumlah keluarga dan kerabat korban tewas histeris, setelah melihat kondisi kendaraan yang hancur ditabrak bus.

1. Korban tewas terbanyak dari Mitsubishi Xpander

Korban Terbanyak Kecelakaan Maut di Tol Cipali Berasal dari XpanderIDN Times/Andra Adyatama

Kecelakaan maut akibat bus Safari Lux Salatiga yang menabrak tiga kendaraan lain di jalur berlawanan itu mengakibatkan 12 orang meninggal dunia. Korban terbanyak berasal dari minibus Mitsubishi Xpander  B 8137 PI yang berisi enam orang. 

Rombongan asal Kota Bekasi yang berada di mobil ini seluruhnya tewas, setelah mobilnya ringsek ditabrak bus Safari Lux Salatiga. Berdasarkan data kecelakaan, korban tewas terdiri dari sopir dan lima penumpangnya.

Berikut data korban kendaraan Mitsubishi Xpander :

1. Heruman Taman (sopir), 59 tahun

2. Rafi, 22 tahun

3. Reza, 22 tahun

4. Radit, 22 Tahun

5. Dafa, 21 Tahun 

6. Irfan, 22 tahun 

Baca Juga: Begini Pengakuan Mengejutkan Penyerang Sopir Bus Maut di Tol Cipali

2. Tiga orang meninggal di Kijang Innova

Korban Terbanyak Kecelakaan Maut di Tol Cipali Berasal dari XpanderIDN Times/Andra Adyatama

Kecelakaan bus maut yang terjadi sekitar pukul 01.00 WIB ini tidak hanya menabrak kendaraan Mitsubishi Xpander. Bus yang menyeberang ke lajur tol dari arah berlawanan itu juga menabrak Toyota Kijang Innova B 168 DIL yang mengakibatkan tiga penumpang tewas. Minibus ini berasal dari Tegal, Jawa Tengah.

Berikut data korban tewas yang berada di kendaraan Kijang Innova:

1. Uki, 45 tahun

2. Amar, 37 Tahun

3. Daryono, 70 tahun

3. Penumpang bus juga meninggal tiga orang

Korban Terbanyak Kecelakaan Maut di Tol Cipali Berasal dari XpanderIDN Times/Andra Adyatama

Tak hanya itu, tabrakan maut ini juga mengakibatkan tiga penumpang bus meninggal dunia. Salah satu korban adalah sopir bus bernama Roni Marttampubolon (38) dan dua korban lainnya adalah penumpang bernama Uswatun Khasanah, serta Yulianto, (25).

4. Korban luka ringan dan Luka berat

Korban Terbanyak Kecelakaan Maut di Tol Cipali Berasal dari XpanderIDN Times/Andra

Sementara, korban luka berat berjumlah 11 orang antara lain Amsor, Adi Lasmanto, Budianto, Ari, Dwiyono, Falah, Budianto, dan Ari Budianto. Tidak hanya penumpang laki-laki, dari jumlah tersebut juga ada tiga perempuan di antaranya, Susmiati, Arie dan Arieza.

Sedangkan korban luka ringan ada 32 orang yakni Kansa, Ahmad Kesip, Sumianto, Heriyanto, Kuriyah, Ruliana, Adi Caswanto, Bambang, Sepi, Bob Marson, Winoto,  Sumayah, Amalia, Syarip Hidayat, Agus Priyono, Muklis, Erni Ernawati, Danang, Wahyudi, Weni, Gusnani, Januari, Eko, Sukadani, Tini, Sri, Firman, Zakariah, Sri Atun, Zaman Sahara, dan Wicky.

5. Kecelakaan maut diduga akibat ulah penumpang

Korban Terbanyak Kecelakaan Maut di Tol Cipali Berasal dari XpanderIDN Times/Andra

Kecelakaan maut yang mengakibatkan 12 orang tewas masih dalam penyelidikan kepolisian. Saat ini, petugas telah memeriksa seorang penumpang bernama Anshor yang diduga penyebab kecelakaan maut ini.

Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Atik Suswanti menyebutkan, sejumlah saksi mengaku melihat Anshor sempat bertikai dengan sopir yang sedang mengendarai bus dalam kondisi melaju di jalan Tol Cipali.

Bahkan, Anshor sempat memaksa sopir berhenti dengan cara mengambil alih secara paksa kemudi hingga mengakibatkan bus hilang kendali ke kanan dan menyeberang ke jalur berlawanan di KM 150.

"Masih pemeriksaan. Pengakuan sementara, Anshor mau dibunuh sopir dan keneknya. Tapi, kami sedang dalami," ujar dia.

Baca Juga: 12 Orang Tewas Setelah Sopir Bus Diserang Penumpang di Tol Cipali

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You