Comscore Tracker

3 Pelajar SD di Tanah Datar Tewas Dihantam Bus Penumpang  

Dua orang pelajar lainnya terluka cukup serius

Padang, IDN Times - Tiga orang pelajar Sekolah Dasar Negeri 03 Pitalah di Jorong Baringin, Nagari Pitalah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), tewas karena ditabrak bus penumpang Gumarang Jaya, Kamis (15/4/2021).

Meski lokasi kejadian berada di wilayah administrasi Tanah Datar, namun Kasus kecelakaan maut diambil alih oleh Polres Padang Panjang.

“Kejadiannya tadi siang. Ada tiga korban meninggal dan dua korban lainnya mengalami luka serius. Seluruh korban sudah dievakuasi. Sudah di Rumah Sakit Yarsi,” kata Kasat Lantas Polres Padang Padang, AKP Dedi Antonis, Kamis (15/4/2021).

1. Korban sedang menunggu jemputan di trotoar sebelum kejadian

3 Pelajar SD di Tanah Datar Tewas Dihantam Bus Penumpang  Korban saat di rumah sakit yarsi Padang Panjang. IDN Times/Andri NH

Menurut Dedi, lima orang korban sedang berada di atas trotoar menunggu jemputan orang tua usai pulang sekolah. Sedangkan bus Gumarang Jaya dengan nomor polisi BE 7320 CU yang dikemudikan oleh RJ sedang membawa sembilan penumpang. Bus datang dari arah Padang Panjang menuju Kota Solok

Tiga  korban yang meninggal diketahui bernama Wahyudi Ilahi (10 tahun), Afdholul Hardi (9 tahun), dan Rafi Alfian (9 tahun). Sementara yang mengalami luka serius bernama Muhammad Mudasir (9 tahun) dan Azian (9 tahun).

“Bus itu datang dari Padang Panjang menuju Solok. Ada sembilan penumpang di dalamnya. Posisi korban saat kejadian, berada di trotoar jalan. Menunggu jemputan,”ujar AKP Dedi Antonis.

Baca Juga: Sopir Bus Batik Solo Trans Ugal-Ugalan, Gibran Langsung Minta Maaf

2. Sopir bus bating stir ke arah korban

3 Pelajar SD di Tanah Datar Tewas Dihantam Bus Penumpang  Petugas olah TKP kecelakaan maut Gumarang Jaya. IDN Times / Andri NH

Berdasarkan kesimpulan sementara, sopir RJ terpaksa membanting stir ke arah kanan jalan karena ada Bus ANS di depannya berhenti mendadak.

Pada saat yang sama, ada sekumpulan pelajar SD sedang duduk menunggu jemputan. Sebelum menghantam para korban, bus itu terlebih dahulu menabrak trotoar.  

“Kendaraan berada di depan rem mendadak. Lalu Bus Gumarang jaya membanting stir ke kanan jalan sehingga menabrak kelima korban yang berada di atas trotoar,” kata Dedi.

3. Sopir dan kernet diamankan

3 Pelajar SD di Tanah Datar Tewas Dihantam Bus Penumpang  Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Dedi menambahkan, sopir Bus Gumarang Jaya bersama kernet menyerahkan diri ke polisi. Mereka mendatangi Polsek Batipuh, Tanah Datar, dan mengakui kejadian tersebut. Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap sopir dan kernet.

Baca Juga: 5 Alasan Klasik Pemicu Kecelakaan Bus, Korbannya Para Penumpang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya