5 Pasien Positif COVID-19 di Padang Berangsur Membaik Kondisinya

1 pasien bahkan dipulangkan untuk lanjut isolasi mandiri

Padang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Padang, Sumatera Barat merilis, kondisi kesehatan lima orang pasien positif Corovavirus Disease (COVID-19) asal kota Padang, sudah mulai membaik dan berangsur sembuh. Bahkan, satu di antaranya saat ini sudah dipulangkan dan menjalani isolasi mandiri. Sementara, empat pasien lainnya masih menjalankan perawatan di rumah sakit. 

“Alhamdulillah, setelah menjalani perawatan intensif, kondisi lima pasien kita berangsur sembuh. Satu orang saat ini sudah pulang ke rumah dan menjalani isolasi mandiri. Sementara empat pasien lainnya, masih menjalani perawatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani, Senin (6/4).

1. Pasien yang membaik cukup isolasi di rumah

5 Pasien Positif COVID-19 di Padang Berangsur Membaik Kondisinyapexels.com/Fernanda Latronico

Menurut Feri Mulyani, pasien yang sudah diperbolehkan pulang tersebut merupakan pasien kelima.  Sesuai dengan prosedur penanganan COVID-19, jika kondisi pasien  positif berangsur membaik, maka tidak lagi perlu dirawat di rumah sakit. Cukup menjalani isolasi mandiri di rumah dengan tetap dipantau serta mengikuti seluruh instruksi dari petugas kesehatan.

“Jika kondisi pasien yang positif itu baik atau ringan, maka tidak perlu dirawat di rumah sakit. Cukup isolasi mandiri di rumah dengan mengikuti petunjuk petugas kesehatan,” ujar Feri.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran COVID-19, Pemkot Padang Berlakukan Jam Malam  

2. Sesudah 14 hari, akan dilakukan tes swab 2 kali

5 Pasien Positif COVID-19 di Padang Berangsur Membaik KondisinyaAktivitas di Laboratorium Nusantics (Dok.Istimewa/East Venture)

Dijelaskan Feri Mulyani, meski kondisi pasien terus membaik, namun tetap berada dalam pengawasan ketat. Bahkan, setelah14 hari mengisolasi mendiri di rumah, tetap akan dilakukan pengecekkan sebanyak dua kali. Pengecekkan sampel spesimen itu bertujuan untuk memastikan kondisi pasien masih berstatus positif atau sudah negatif. 

"Setelah 14 hari, baru dilakukan pengecekan sebanyak dua kali. Jika kedua hasil pengecekan itu negatif, baru dinyatakan sembuh. Waktu penyembuhan pasien positif virus corona sama dengan waktu penyembuhan virus lainnya. Dia akan sembuh sendiri, kalau daya tubuhnya baik. Semakin baik daya tahan tubuhnya, maka akan semakin cepat membentuk antibodi yang mempercepat kesembuhan dirinya,” kata Feri.

3. Dirawat di beberapa rumah sakit

5 Pasien Positif COVID-19 di Padang Berangsur Membaik KondisinyaDok. Dinas Kesehatan Kota Semarang

Feri Mulyani menambahkan, untuk pasien asal kota Padang yang terpapar COVID-19, saat ini dirawat di beberapa rumah sakit yang ada. Pasien kedua dan keempat dirawat di RSUP M Djamil Padang, sementara pasien keenam dirawat di RS Ibnu Sina yang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi.

4. Sudah delapan positif

5 Pasien Positif COVID-19 di Padang Berangsur Membaik KondisinyaData situasi Perkembangan COVID-19 Kota Padang. IDN Times/Andri NH

Berdasarkan data situasi terkini perkembangan pemantauan COVID-19 yang dimuat di laman situs resmi Dinas Kesehatan Kota Padang, tercatat sebanyak Delapan warga Padang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sebanyak 3394 warga tercatat sebagai Pelaku Perjalanan Dari Negara/Are Terjangkit (PPT). Sementara untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) tercatat ada 204 warga. Kemudian yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 69 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 18 orang, Negatif 4 orang dan yang meninggal dunia tercatat satu orang.  

Baca Juga: Wali Kota Padang Protes Lion Air Turunkan Harga Tiket di Tengah Corona

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya