5 Warga Sumbar Ikut Jadi Korban SJ 182, Termasuk Pilot Kapten Afwan

Gubernur Sumbar ajak masyarakat doakan yang terbaik

Padang, IDN Times - Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, membawa 50 orang penumpang dan 12 orang awak pesawat. Lima orang di antaranya adalah warga Sumatra Barat (Sumbar), termasuk Pilok dan Kopilot.

Kapten Afwan diketahui berasal dari Kabupaten Tanah Datar dan Kopilot Fadly Satrianto Nam Air dari Kabupaten Pesisir Selatan. Lalu penumpang bernama Asy Habul Yamin dari Kabupaten Tanah Datar, Faisal Rahman dari Kabupaten Tanah Datar, dan Angga Fernanda Afriyon merupakan warga Kota Padang. 

1. Gubernur Sumbar sampaikan duka mendalam

5 Warga Sumbar Ikut Jadi Korban SJ 182, Termasuk Pilot Kapten AfwanGubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. IDN Times/Andri NH

Menurut Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, informasi kelima orang warga Sumbar itu berasal dari Kepala Biro Pembangunan, Kerjasama dan Rantau Setda Pemprov Sumbar.

“Lima orang warga kita berada di dalam pesawat Sriwijaya Air. Atas nama pribadi, keluarga, dan pemprov, saya sampaikan turut berduka cita, prihatin atas kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air,” kata Irwan, Minggu (10/1/2021).

Baca Juga: Basarnas Terima 5 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air

2. Ajak masyarakat berdoa

5 Warga Sumbar Ikut Jadi Korban SJ 182, Termasuk Pilot Kapten AfwanIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Irwan mengajak seluruh masyarakat Sumbar mendoakan yang terbaik untuk seluruh korban dan kru pesawat. Ia berharap ada keajaiban dari Allah SWT untuk seluruh korban. Irwan menyebutkan, duka yang dialami oleh keluarga korban merupakan duka bagi semua orang.

“Mari kita menundukkan kepala, berdoa yang terbaik untuk semua korban. Semoga ada keajaiban dari Allah SWT. Duka keluarga korban adalah duka kita semua. Kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga juga diberikan ketabahan dan kekuatan atas musibah ini,” ujar Irwan.

Baca Juga: Mengenal Kapten Afwan, Pilot Sriwijaya Air yang Taat Beribadah

3. Pemprov Sumbar siapkan fasilitas

5 Warga Sumbar Ikut Jadi Korban SJ 182, Termasuk Pilot Kapten AfwanKomandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI Mar Suhartono menunjukkan serpihan dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak saat melakukan pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (10/1/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Irwan Prayitno menegaskan pihaknya akan terus memantau situasi dan perkembangan terkini. Bahkan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki sebagai kepala daerah, ia berupaya membantu proses evakuasi dan hal lainnya. Pemprov Sumbar berencana memfasilitasi warganya yang berkaitan dengan insiden ini.

“Kita akan berupaya membantu proses evakuasi atau hal lainnya sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. Saya berharap proses evakuasi dan penyelamatan yang sedang berlangsung bisa berjalan cepat dan lancar. Kita selalu pantau semua perkembangannya. Insya Allah, warga Sumbar kita fasilitasi,” tutup Irwan.

https://www.youtube.com/embed/WRSkrPpQFx4

Baca Juga: Sebentar Lagi Menikah, Kru Sriwijaya Air SJY 182 Ini Belum Ditemukan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya