Comscore Tracker

Delapan Penambang Emas di Solok Tewas Tertimbun Material

Proses pencarian dan evakuasi terkendala medan

Solok Selatan, IDN Times - Sebanyak delapan penambang emas ilegal di kawasan Kimbahan Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat ditemukan tewas tertimbun material longsor, Senin (10/5/2021).

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solsel, total korban yang ditemukan ada sebanyak 16 orang. Delapan orang di antaranya tewas dan sisanya mengalami luka-luka dan patah tulang. 

“Laporan ada 16 penambang yang tertimbun. Delapan korban di antaranya, sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Sisanya selamat dan mengalami luka-luka. Untuk korban meninggal, sudah di evakuasi ke rumah duka,” kata Kepala Pelaksana BPBD Solok Selatan Richi Amran, Senin malam (10/5/2021).

Baca Juga: Pemodal Besar di Belakang Tambang Minyak Ilegal Muba

1. Evakuasi korban tambang longsor di Solok terkendala medan yang berat

Delapan Penambang Emas di Solok Tewas Tertimbun MaterialLokasi longsor pada penambang emas ilegal di kawasan Kimbahan Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Dok. IDN Times

Menurut Richi Amran, proses pencarian dan evakuasi sudah dilakukan sejak Senin pagi. Beratnya kondisi medan, menjadi kendala utama proses evakuasi di lapangan.  Tim harus bekerja lebih ekstra untuk mengevakuasi seluruh korban.

“Medan menuju ke sana sangat berat. Evakuasi harus manual,” ujar Richi Amran.

2. Bebatuan besar menyulitkan proses evakuasi korban

Delapan Penambang Emas di Solok Tewas Tertimbun MaterialILUSTRASI Pencarian penambang tertimbun longsor di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. IDN Times/Faiz Syafar

Selain medan lokasi yang berat kata Richi, proses evakuasi juga terkendala oleh banyaknya material batuan besar. Batu-batu itu, menyulitkan tim gabungan untuk melakukan pencarian dan evakuasi. 

“Meski demikian, kita berupaya keras agar seluruh korban dapat di evakuasi,”kata Richi.

3. Tambang longsor di pagi hari

Delapan Penambang Emas di Solok Tewas Tertimbun MaterialMaterial batuan di lokasi kejadian penambang emas ilegal di kawasan Kimbahan Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Dok. IDN Times

Richi Amran menambahkan, pihaknya membutuhkan alat berat untuk memindahkan material batu-batu besar yang ada di lokasi kejadian. Karena, jika dipindahkan secara manual, akan sangat susah karena batuan yang ada cukup besar.

"Ini harusnya pakai alat berat. Karena batuannya sangat besar. Kalau insiden ini, terjadi pagi tadi sekira pukul 07.30 WIB. Curah hujan cukup tinggi,” tutup Richi. 

Baca Juga: Keberagaman Gender Dorong Kesuksesan Tambang Emas Martabe

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya