Comscore Tracker

Diduga Mau Kelabui Petugas Penyekatan, 4 Pemudik Malah Hanyut 

Satu selamat, tiga lainnya hanyut terbawa arus sungai

Padang, IDN Times - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Limapuluh Kota Robi Saputra mengungkap, empat orang dilaporkan hanyut di Sungai Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat, Rabu (12/5/2021). Sebelumnya, keempatnya diduga hendak mengelabui petugas di posko penyekatan.

Keempat orang tersebut merupakan warga Sumatra Barat yang menempuh perjalanan mudik dari Riau melalui rute sungai. Nahasnya, perahu yang mereka tumpangi kemudian terbalik. 

“Laporan kami terima dari SAR di Damkar Kapur IX. Ada empat pemudik dari Riau menuju Sumbar hanyut,” kata Robi Saputra, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Tim SAR Temukan Korban Terakhir Longsor Tambang Emas Ilegal

1. Satu selamat dan melaporkan insiden perahu terbalik

Diduga Mau Kelabui Petugas Penyekatan, 4 Pemudik Malah Hanyut Ilustrasi Kapal Tenggelam (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Robi, satu dari empat pemudik tersebut, berhasil menyelamatkan diri. Dia bernama Rahman Rahim (21 tahun).

 “Rahman yang melaporkan kejadian itu,” kata Robi. Dia melapor ke Pemadam Kebakaran Kapur IX.

2. Kronologi kejadian, bermula ketika keempat pemudik sewa perahu

Diduga Mau Kelabui Petugas Penyekatan, 4 Pemudik Malah Hanyut Petugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Robi menjelaskan, insiden itu bermula ketika keempat pemudik tersebut menyewa sebuah perahu dari desa Tanjung Riau. Mereka terpaksa melakukan perjalanan  melalui rute air lantaran ada penyekatan di perbatasan Sumbar-Riau. 

“Mereka menyewa perahu dari Riau karena jalur darat ada penyekatan," kata dia. 

Di tengah perjalanan--tepatnya Di Toluak Subanio Nagari Muaro Paiti--perahu terbalik. Tiga penumpang hanyut dan satu orang selamat. 

3. Tim berusaha mencari ketiga korban yang hanyut

Diduga Mau Kelabui Petugas Penyekatan, 4 Pemudik Malah Hanyut Tim SAR Kelas A Banda Aceh saat melakukan pencarian (Dok. SAR Kelas A Banda Aceh)

Saat ini, kata Robi, pihaknya bersama dengan unsur terkait lainnya, sedang berupaya melakukan pencarian terhadap ketiga korban tersebut. Selain petugas penyelamat, fasilitas penunjang untuk operasi pencarian juga dikerahkan.

“Sedang dicari. Mudah-mudahan berhasil ditemukan,” imbuhnya. 

Baca Juga: 44 Napi Positif COVID-19, Rutan Klas IIB Batusangkar Sumbar Lockdown

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya