Comscore Tracker

Diduga Terpapar Virus Corona, Penumpang AirAsia Dilarikan ke RS Padang

Saat tiba di kedatangan internasional, pria ini sesak napas

Padang, IDN Times - Seorang penumpang pesawat AirAsia berjenis kelamin laki-laki terpaksa dilarikan ke RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat, setelah alat thermal scanner yang terpasang di pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Minangkabau mendeteksi suhu badannya di atas ambang batas. Penumpang itu diduga kuat suspect virus corona atau COVID-19.

“Saat penumpang melewati thermal scanner Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di area kedatangan internasional, terdeteksi satu orang penumpang dengan kondisi sesak napas. Dan yang bersangkutan setelah di-interview oleh petugas KKP mengaku sudah tiga hari sesak napas,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II ( Persero) Yos Suwagiyono, Senin (16/3).

1. Tiga baris penumpang yang duduk berdekatan juga di-interview

Diduga Terpapar Virus Corona, Penumpang AirAsia Dilarikan ke RS PadangProses evakuasi terhadap seorang penumpang yang datang dari Malaysia melalui Bandara Internasional Minangkabau. IDN Times/Andri NH

Menurut Yos, sesuai dengan standar prosedur Penanganan COVID-19, yang bersangkutan segera diisolasi dan di-interview oleh petugas dari KKP. Tak Hanya yang bersangkutan, penumpang yang duduk tiga baris berdekatan dengan penumpang itu, juga di-interview

“Untuk penumpang yang duduk tiga baris berdekatan dengan penumpang yang terindikasi, juga dilakukan interview, dan mereka sudah dipulangkan dan dinyatakan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP),” ujar Yos Suwagiyono.

Baca Juga: Sempat Dirawat Sehari, Pasien Suspect COVID-19 di Padang Meninggal

2. Ruang kedatangan internasional disemprot cairan disinfektan

Diduga Terpapar Virus Corona, Penumpang AirAsia Dilarikan ke RS PadangPenyemprotan cairan disinfektan. Dok IDN Times

Lebih lanjut Yos Suwagiyono, sebagai bentuk antisipasi dan sesuap dengan standar prosedur, setelah satu penumpang tersebut dilarikan ke RSUP M Djamil Padang, pihaknya segera melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada ruangan kedatangan Internasional.

Otoritas Bandara Internasional Minangkabau kata Yos, menjalankan protokol kesehatan dalam penanganan COVID-19 dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Ruangan kedatangan internasional, kita semprot dengan cairan disinfektan sebagai bentuk antisipasi penyebaran COVID-19,” kata Yos.

3. Dirawat di ruang isolasi

Diduga Terpapar Virus Corona, Penumpang AirAsia Dilarikan ke RS PadangRuang Isolasi di RSPI Sulianti Saroso. IDN Times/Hana Adi Perdana

Menurut Pejabat Pemberi Informasi RSUP M Djamil Padang, saat ini penumpang yang dievakuasi dari Bandara Internasional Minangkabau tersebut, sedang menjalani pemeriksaan medis di ruang isolasi.

Apakah positif atau negatif COVID-19, RSUP M Djamil belum bisa memastikan itu. Akan ada beberapa tahapan pemeriksaan, termasuk juga uji sample laboratorium untuk memastikan itu.

“Sedang dirawat di ruang isolasi. Belum tahu apakah positif atau negatif,” kata Gustavianof.

Baca Juga: Satu Pasien Suspect Virus Corona Asal Depok Dirujuk ke RSUD Margono

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya