Comscore Tracker

Kabar Baik, 1 Pasien COVID-19 di Sumbar Sembuh Total!

Meski sudah boleh pulang, ia diminta untuk isolasi mandiri

Padang, IDN Times - Kabar baik datang dari Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Satu orang pasien positif Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 berjenis kelamin perempuan berinisial “IA”, dilaporkan sembuh total.

Bahkan, ia sudah diizinkan pulang ke rumah oleh tim dokter dengan catatan tetap harus menjalani isolasi mandiri dan tidak melakukan kontak dengan keluarga dekat dan lingkungan tempat tinggal.

“Ya, setelah kita lakukan swab sebanyak dua kali setelah menjalani perawatan di sini, hasilnya sudah negatif. Jika dibandingkan dengan hasil pertama positif, dua terakhir (swab), hasilnya negatif. Artinya, pasien sudah dapat kita nyatakan sembuh sesuai dengan aturan Kemenkes dan aturan dari WHO. Sehingga, pasien kita rencanakan untuk pulang ke rumah hari ini,” kata Wakil Ketua Satgas COVID-19 RSAM Bukittinggi dr. Deddy Herman, Senin (6/4).

1. Isolasi, makan yang bergizi, dan istirahat total

Kabar Baik, 1 Pasien COVID-19 di Sumbar Sembuh Total!Unsplash/Heather Ford

Meski dua hasil terakhir sudah negatif dan diperbolehkan pulang ke rumah, namun menurut Deddy, pasien tersebut tetap diminta untuk mengisolasi diri sendiri di rumah.

"Tidak melakukan kontak dengan anak-anak, suami, dan keluarga lainnya. Tetap di kamar saja. Dan, kita juga minta untuk pasien makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup serta makan obat yang sudah kita berikan," ujar Deddy.

Baca Juga: Awas! Pemkot Padang Berlakukan Denda bagi Warga yang Tak Pakai Masker!

2. Sudah lewat masa inkubasi

Kabar Baik, 1 Pasien COVID-19 di Sumbar Sembuh Total!apnews.com

Deddy menjelaskan untuk pasien “IA” yang sudah dinyatakan sembuh ini, masuk ke RSAM pada bulan Maret (19/3) lalu.

"Hasil swab pertama menyatakan yang bersangkutan positif. Namun, setelah menjalani perawatan intensif, kondisinya terus membaik. Bahkan, sudah tidak ada keluhan lagi. Ini sudah 6 April, berarti pasien sudah lebih dari 14 hari dirawat dan sudah melewati masa inkubasi," kata Deddy.

“Sesuai dengan masa inkubasi, pasien sudah melewati itu. Pasien sudah sembuh. Seperti halnya yang kita ketahui kalau masa inkubasi itu selama 14 hari. Ditambah lagi, hasil swab dua kali menyatakan kalau yang bersangkutan hasilnya negatif,” tutup Deddy.

3. 18 kasus positif

Kabar Baik, 1 Pasien COVID-19 di Sumbar Sembuh Total!Data Pantauan COVID-19 Sumatera Barat. IDN Times/Andri NH

Merujuk pada data pantauan COVID-19 Provinsi Sumatera Barat, hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 18 kasus positif. Dengan rincian 9 dirawat, 7 isolasi diri dirumah, 1 sembuh dan satu meninggal. Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (ODP) terdata sebanyak 85 orang. Dan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) terdata sebanyak 3.648 orang.

Baca Juga: 5 Pasien Positif COVID-19 di Padang Berangsur Membaik Kondisinya

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya