Kuburan Mendadak Menggelembung, Ahli Geologi Sumbar: Ada Tekanan Gas

Ahli Geologi Sumbar menyebutnya dengan istilah Mud Volcano

Padang, IDN Times - Fenomena tanah kuburan yang menggelembung di Nagari Sungai Asam, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), turut mengundang komentar ahli Geologi Sumbar, Nuzuwir.

Nuzuwir ternyata punya pendapat lain soal fenomena yang terjadi di area pemakaman Korong atau Kampung Sungai Asam tersebut. Menurutnya merujuk kepada ilmu geologi, fenomena itu disebabkan oleh kandungan gas dengan tekanan tinggi.

“Bisa saja, atau kemungkinan ada kandungan gas atau tekanan gas yang lepas dari dalam bumi melalui kuburan itu. Jika benar demikian, fenomena ini sering disebut dengan istilah Mud Volcano. Kalau yang sering terjadi di jawa, fenomena ini juga diikuti dengan keluarnya sejumlah volume lumpur kental yang membentuk onggokan tanah menyerupai bukit,” kata Nuzuwir, Jumat (26/3/2021).

1. Kerap terjadi karena perubahan kadar air

Kuburan Mendadak Menggelembung, Ahli Geologi Sumbar: Ada Tekanan GasUnsplash/Nathan Dumlao

Pensiunan Kabid Geologi ESDM Sumbar ini menjelaskan, Mud Volcano didefinisi sebagai endapan lumpur yang memiliki densiti lebih ringan dari bebatuan yang di sekitarnya. Endapan lumpur itu naik ke permukaan melalui bidang lemah, baik berupa sesar atau rekahan hingga membentuk kerucut seperti gunung api. 

“Mud Volcano ini juga kerap terjadi lantaran perubahan kadar air di dalam tanah saat kondisi jenuh air. Tapi ini kan hanya sebatas asumsi atau analisi sementara,” ujar Nuzuwir.

Baca Juga: Warga Padang Pariaman Geger, Ada Kuburan Menggelembung  

2. Butuh penelitian lebih lanjut

Kuburan Mendadak Menggelembung, Ahli Geologi Sumbar: Ada Tekanan GasIlustrasi Penelitian Ilmiah. IDN Times/Mardya Shakti

Menurut Nuzuwir, harus ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan penyebab tanah kuburan yang mendadak menggelembung. Penelitian itu harus memastikan keterkaitan tekanan gas dari dalam bumi, atau ada hal lain yang bisa dijelaskan secara ilmiah melalui keilmuan geologi.

“Butuh penelitian lebih lanjut soal ini. Harusnya ada tim yang turun ke lapangan untuk melakukan penelitian dan mencari tahu penyebab tanah menggelembung agar bisa ditarik kesimpulan secara ilmiah,” kata Nuzuwir.

3. Kuburan dipasang tali pembatas

Kuburan Mendadak Menggelembung, Ahli Geologi Sumbar: Ada Tekanan GasTangkapan layar tanah kuburan di Padang Pariaman yang mendadak menggelembung. IDN Times/Andri NH

Untuk menghindari kerusakan pada kuburan, perangkat pemerintah Korong Sungai Asam memasang tali pembatas. Tali itu sengaja dipasang mengingat banyak warga yang datang untuk melihat.

“Pihak pemerintah kampung sudah memasang tali untuk pagar pembatas. Dipasang di sekitar area kuburan untuk menghindari terjadinya kerusakan,” kata Anwar, Wali Korong Sungai Asam.

Baca Juga: Penjelasan Ahli Geologi Soal Tanah Kuburan Menggelembung  

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya