Seluruh Pasien COVID-19 di 6 Daerah se-Sumbar Dinyatakan Sembuh

Persentase pasien sembuh di Sumbar berada di peringkat atas

Padang, IDN Times - Kabar baik datang dari enam wilayah di Sumatera Barat (Sumbar). Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar memastikan seluruh pasien COVID-19 di Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Pasaman, Agam, Sijunjung, dan Kota Pariaman, dinyatakan sembuh dan bebas dari virus corona, Jumat (19/6). 

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal, tingkat kesembuhan di enam daerah itu mencapai 100 persen. Seluruh pasien yang selama ini dirawat di berbagai rumah sakit rujukan bisa pulang.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar tetap mengimbau kepada masyarakat di enam daerah itu tetap mematuhi protokol kesehatan. “Enam daerah tersebut mencatat persentase kesembuhan pasien COVID-19 hingga 100 persen,” ujar Jasman Rizal.

1. Persentase kesembuhan melampaui nasional

Seluruh Pasien COVID-19 di 6 Daerah se-Sumbar Dinyatakan SembuhHasil pemeriksaan sampel dalam bentuk grafik (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Jasman Rizal, persentase kesembuhan pasien COVID-19 di Sumbar sudah mencapai 494 orang, atau 70,57 persen. Jumlah itu sudah berada di atas angka kesembuhan nasional. Bahkan tercatat sebagai persentase kesembuhan tertinggi di Indonesia.

“Persentase kesembuhan kita jauh di atas persentase kesembuhan tingkat nasional. Bahkan Sumbar menjadi provinsi teratas dengan persentase kesembuhan. Diharapkan kepada kita semua tetap memberlakukan protokol kesehatan COVID-19 dalam setiap aktivitas,” ujar Jasman.

Baca Juga: Gubernur Sumbar: 16 Kabupaten dan Kota Resmi Berlakukan Normal Baru

2. Kedisiplinan dan kepatuhan kunci utama menghindari penularan

Seluruh Pasien COVID-19 di 6 Daerah se-Sumbar Dinyatakan Sembuhunsplash.com/@stenuitj

Selain dari sisi pelayanan medis, menurut Jasman, kedisiplinan dan kepatuhan menjalan protokol kesehatan COVID-19 menjadi kunci utama yang harus diperhatikan. Tanpa kepatuhan dan kedisiplinan itu, pandemik tidak akan berujung atau berkesudahan.

"Kita akan tetap berjibaku terus dengan COVID-19. Maka kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan menjadi sangat penting. Sebab jelas kita semua ingin COVID-19 segera berakhir," pintanya.

3. Total positif mencapai 700 kasus

Seluruh Pasien COVID-19 di 6 Daerah se-Sumbar Dinyatakan SembuhIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Jasman menjelaskan, data sementara hingga hari ini (19/6), positif COVID-19 di Sumbar sudah mencapai 700 kasus. Dari jumlah itu, 176 di antaranya masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan maupun isolasi mandiri.

Sedangkan jumlah meninggal dunia di Sumbar tercatat 30 orang, sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh mencapai 494 orang. Menurut Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, dari 964 sampel swab diketahui positif di Sumbar hari ini bertambah empat orang.

Baca Juga: Klaster Terbesar Kedua COVID-19 di Kota Padang Berhasil Diputus 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya