Comscore Tracker

Sudah 13 Warga Sumatera Barat Positif Terinfeksi COVID-19 

Salah satu warga Sumbar positif sepulang dari Malaysia

Padang, IDN Times - Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal, merilis hingga hari ini tercatat sebanyak 13 orang warga Sumbar dinyatakan positif terpapar virus corona atau COVID-19.

“Laporan dari Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Unand, bahwa ada satu lagi yang positif COVID-19. Laki-laki berusia 56 tahun. Dengan demikian, sudah ada 13 orang warga kita yang positif,” kata Jasman Rizal, Kamis (2/4).

1. Pulang dari Malaysia, menularkan istrinya hingga positif COVID-19

Sudah 13 Warga Sumatera Barat Positif Terinfeksi COVID-19 Ilustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Menurut Jasman Rizal, berdasarkan hasil tracing riwayat perjalanan, yang bersangkutan terpapar COVID-19 di Malaysia. Yang bersangkutan ke Negeri Jiran untuk menghadiri sebuah acara. Bahkan, begitu yang bersangkutan kembali pulang ke rumahnya, sang istrinya pun ikut terpapar.

“Sebelumnya, dia adalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Istrinya telah terlebih dahulu dinyatakan positif COVID-19. Yang bersangkutan terpapar waktu itu di Malaysia. Ada acara kemudian pulang. Nah, orang pertama ditularinya itu adalah istrinya," jelas dia.

Jasman pun menyebut tiga orang anaknya juga berstatus PDP. Saat ini masih menunggu hasil laboratoriun untuk mendapatkan konfirmasi statusnya.

"Infonya, beberapa anaknya sudah negatif. Rencana mau dipulangkan. Selama ini dirawat di Rumah Sakit Achmad Mochtar Kota Bukittinggi,” kata Jasman.

Baca Juga: Wali Kota Padang Protes Lion Air Turunkan Harga Tiket di Tengah Corona

2. Jumlah ODP di Sumatera Barat mencapai 2.937 kasus

Sudah 13 Warga Sumatera Barat Positif Terinfeksi COVID-19 Data Pantauan COVID-19 Sumatera Barat. IDN Times / Andri NH

Menurut Jasman, berdasarkan data pantauan kasus COVID-19 Sumatera Barat, saat ini tercatat sebanyak 2.937 masyarakat Sumbar berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). 

Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 61 orang. Dari 61 orang tersebut, 13 di antaranya masih di rawat di Rumah Sakit dan 47 PDP lainnya, sudah pulang.

3. Patuhi imbauan pemerintah untuk tetap di rumah!

Sudah 13 Warga Sumatera Barat Positif Terinfeksi COVID-19 Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengingat penyebaran wabah COVID-19 masih terjadi dan bisa menyerang siapa saja, Pemprov Sumbar tak bosan-bosan untuk terus mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mematuhi imbauan pemerintah.

Tetap jaga pola hidup sehat, tidak berkumpul, tetap menjaga jarak, tetap berada di rumah, adalah beberapa dari sekian banyak imbauan atau seruan yang disampaikan oleh Pemerintah. Itu semua dilakukan agar mata rantai virus COVID-19 dapat segera putus. 

Baca Juga: Gubernur Minta TKI Sumbar dari Malaysia Dikarantina Dulu di Natuna

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya