Wagub Sumbar: Jangan Anggap Enteng COVID-19, Harus Siap Antisipasi

Tak menutup kemungkinan juga akan menyebar ke Sumatera Barat

Padang, IDN Times - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menegaskan, antisipasi dan penanganan terhadap virus corona (COVID-19), merupakan tanggung jawab bersama. Tidak ada batasan antara kewenangan pemerintah provinsi dengan kabupaten atau kota. Semua harus bekerja sama.    

“COVID-19 tidak bisa dianggap enteng. Sumatera Barat harus siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi," kata Nasrul Abit, Rabu (4/3). 

Nasrul juga mengatakan, tenaga, peralatan kesehatan dan sistem penanganan harus dipersiapkan sebaik mungkin. "Ini adalah tanggung jawab kita, semua elemen harus bersatu, bekerja sama. Untuk persoalan kesehatan ini, terutama yang menyangkut dengan COVID-19 kita tidak lagi bicara soal kewenangan siapa. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ujarnya.

1. Tingkatkan sistem pengawasan

Wagub Sumbar: Jangan Anggap Enteng COVID-19, Harus Siap AntisipasiWali Kota Balikpapan Rizal Effendi (jaket hitam) saat mengamati alat thermal body scanner di Bandara SAMS Sepinggan untuk memeriksa suhu tubuh penumpang pada 4 Maret 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

Mengingat penyebaran COVID-19 cukup signifikan bahkan sudah masuk ke Indonesia, Nasrul Abit meminta kepada seluruh instansi terkait untuk dapat lebih meningkatkan lagi sistem pengawasan dan pemeriksaan terhadap masyarakat yang dicurigai terjangkit corona.

COVID-19, kata Nasrul, tidak bisa dianggap enteng karena sudah merenggut ribuan jiwa. Maka dari itu, harus benar-benar diantisipasi. 

“Dengan sudah masuknya corona ini di Indonesia, tentu saja tidak menutup kemungkinan juga akan menyebar ke Sumbar. Ini yang harus kita antisipasi,” ujar Nasrul Abit.

Baca Juga: Dinkes Padang Nyatakan Pasien yang Diisolasi Negatif Virus Corona

2. Ada dua rumah sakit yang jadi rujukan

Wagub Sumbar: Jangan Anggap Enteng COVID-19, Harus Siap AntisipasiRungan yang disiapkan untuk pasien Corona (Dok.IDN Times/istimewa)

Untuk kesiapan menghadapi segala kemungkinan, Nasrul Abit menegaskan saat ini di Sumatera Barat ada dua rumah sakit yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan untuk penanggulangan infeksi COVID-19. Kedua rumah sakit itu adalah RSUD Achmad Mochtar yang ada di Kota Bukittinggi dan RSUP M Djamil Padang.

Kedua rumah sakit itu, kata Nasrul, akan memberikan penanganan maksimal kepada siapa saja yang diduga terjangkit corona. Baik tenaga medis maupun peralatan kesehatan yang ada di dua rumah sakit tersebut cukup mumpuni. Selama ini, juga kerap menangani persoalan virus berbahaya seperti flu burung dan sebagainya.

3. Imbau masyarakat jaga pola hidup sehat

Wagub Sumbar: Jangan Anggap Enteng COVID-19, Harus Siap AntisipasiWakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit (IDN Times/Andri NH)

Nasrul Abit juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Ranah Minang untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Tetap berpedoman kepada apa yang sudah dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan atau otoritas terkait. Tentunya, juga tidak lupa berdoa dan berserah diri kepala Allah SWT semoga virus corona ini dengan cepat dapat diatasi dan sebarannya tidak semakin luas.

“Mari kita tetap jaga pola hidup sehat. Juga, berdoa. Mudah-mudahan corona ini cepat selesai dan tidak menyebar ke mana-mana,” katanya.

Baca Juga: Wagub Sumbar: Jangan Potong Uang Jemaah yang Gagal Berangkat Umrah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya