Comscore Tracker

Wali Kota Padang Protes Lion Air Turunkan Harga Tiket di Tengah Corona

Lion Air dianggap berkontribusi mendatangkan perantau

Padang, IDN Times - Maskapai Penerbangan Lion Air dianggap memanfaatkan situasi di tengah merebaknya wabah virus corona atau COVID-19 dengan cara menurunkan harga tiket.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah pun menilai, Lion Air telah mengambil kesempatan dalam kesempitan. Pihaknya menemukan, harga tiket Lion Air untuk tujuan Jakarta-Padang turun mencapai Rp525 ribu.

“Sekarang ini, ada Lion Air dengan sengaja menurunkan harga tiket. Saya kira, Lion Air ini perlu kita tindak ini. Saya kira, mereka memanfaatkan situasi ini. Harusnya, mereka mampu menahan diri. Bukan malah memurahkan harga tiket. Dengan harga Rp525 ribu Padang-Jakarta yang sebelumnya mereka jual Rp800 ribuan, kan terlihat betul mereka itu mengambil kesempatan dalam kesempitan,” kata Mahyeldi Ansharullah, Selasa (31/3).

1. Minta pemerintah pusat sikapi penurunan harga tiket yang dilakukan maskapai penerbangan

Wali Kota Padang Protes Lion Air Turunkan Harga Tiket di Tengah CoronaIDN Times/Candra Irawan

Melihat fakta adanya penurunan harga tiket yang cukup signifikan, Mahyeldi Ansharullah pun meminta kepada Pemerintah pusat untuk segera menyikapi hal ini.

Dengan turunnya harga tiket kata Mahyeldi, tentu saja akan membuat banyak perantau memanfaatkan momen itu dengan pulang ke kampung halaman. 

Imbauan pemerintah untuk tidak pulang kampung untuk sementara waktu saja ujar Mahyeldi, masih belum berjalan maksimal. Ditambah lagi, Lion Air menurunkan harga tiket.

“Saya harap, pemerintah pusat harus tegas menyikapi ini. Sehingga orang tidak berbondong-bondong pulang. Saya selaku Wali Kota Padang menyikapi Lion ini tidak nasionalisme. Saya kira, mereka memanfaatkan situasi ini. Harusnya, mampu menahan diri. Bukan memurahkan harga tiket,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Akses Masuk ke Kota Padang Dibatasi!

2. Gubernur Sumatera Barat sudah melayangkan surat ke Kementerian Perhubungan

Wali Kota Padang Protes Lion Air Turunkan Harga Tiket di Tengah CoronaIDN Times/Arief Rahmat

Menurut Mahyeldi, Pemerintah Kota Padang sudah menindaklanjuti perihal ini kepada Gubernur Sumatera Barat. Bahkan Gubernur sendiri sudah melayangkan surat ke Kementerian Perhubungan.

“Kita kan tentu dengan pak Gubernur ya, dan kita sampaikan Gubernur sudah kirim surat ke Kemenhub dan kemudian juga kepada Presiden kalau tidak salah. Melalui teman wartawa , sampaikan kepada pusat, saya Wali Kota padang juga meminta kepada presiden dan Menteri Perhubungan untuk bisa jangan sampai Lion Air ini menjual tiket murah,” tegas Mahyeldi.

3. Jadi beban baru bagi daerah yang sedang melarang para perantau tidak pulang selama COVID-19

Wali Kota Padang Protes Lion Air Turunkan Harga Tiket di Tengah CoronaIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Reja Gussafyn)

Mahyeldi menuturkan, dengan kebijakan penurunan harga tiket yang diberlakukan Lion Air, tentu saja menjadi beban dan masalah bagi daerah. Karena, untuk mengatasi kondisi yang ada saat ini saja, bukan main beratnya. Apalagi, dengan Lion Air menyikapi seperti itu  

“Saya, Wali Kota Padang meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk meneruskan dan menyikapi teguran yang sudah disampaikan pak Gubernur dan Wakil Gubernur sekaitan Lion Air menjual tiket harga murah,” tegasnya.

Baca Juga: Putus Mata Rantai Virus Corona, Pemprov Sumbar Larang Perantau Pulang 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya