5 Fakta Terbaru Tragedi Kecelakaan Lion Air JT 610

Semoga para korban dapat segera ditemukan ya..

Jakarta, IDN Times - Memasuki hari ketiga kecelakaan Pesawat Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, beberapa fakta baru bermunculan. Berikut lima di antaranya:

1. Basarnas temukan badan diduga badan Lion Air

5 Fakta Terbaru Tragedi Kecelakaan Lion Air JT 610IDN Times/Irfan Fathurohman

Pagi ini, Badan SAR Nasional (Basarnas) menemukan benda diduga badan Lion Air JT 610 di Perairan Tanjung Karawang, Jawa barat. Pencarian pun difokuskan pada titik tersebut dengan megerahkan empat kapal khusus yang dilengkapi peralatan pendukung di bawah laut.

"Basarnas pagi ini telah menemukan titik terang, tim di lokasi pencarian sudah menemukan titik lokasi diduga badan pesawat (Lion Air) JT 610, tapi belum dapat dipastikan itu pesawat JT 610," ujar Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto, seperti dalam siaran langsung TV One, Rabu (31/10).

Baca Juga: [BREAKING] Menhub Budi Karya Copot Direktur Teknik Lion Air 

2. Radius pencarian diperluas menjadi 15 Mil laut

5 Fakta Terbaru Tragedi Kecelakaan Lion Air JT 610ANTARA FOTO/H0-Basarnas

Pada pencarian hari ke-3 ini, tim SAR akan menambah jangkauan seluas 15 mil laut dari lokasi awal. Pada hari pertama, pencarian difokuskan pada radius 5 mil laut dari titik awal yang diduga lokasi jatuhnya pesawat. 

Kemudian pada hari kedua, pencarian diperluas menjadi 10 mil laut. Perluasan lokasi pencarian ini diharapkan dapat memaksimalkan upaya evakuasi korban dan badan pesawat. Serta dapat menemukan kotak hitam pesawat JT 610.

3. RS Polri terima 48 kantong jenazah

5 Fakta Terbaru Tragedi Kecelakaan Lion Air JT 610ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Tim Identifikasi Korban Bencana Kepolisian Indonesia kembali menerima 48 kantong jenazah dan enam kantong properti dari tim evakuasi Posko Tanjung Priok, Jakarta Utara, sejak Senin (29/10) hingga Rabu (31/10) pagi sekitar jam 10.00 WIB.

"Total sementara 48 kantong jenasah dan enam kantong properti diterima RS Polri Sukanto," kata Kepala Polsek Kramatjati, Komisaris Polisi Nurdin AR, di RS Kepolisian Indonesia dr Soekanto, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa malam, dikutip dari Antara.

4. Tim SAR kerahkan 34 kapal

5 Fakta Terbaru Tragedi Kecelakaan Lion Air JT 610ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Setidaknya ada 34 kapal yang dikerahkan Tim SAR untuk melakukan pencarian pada dua area prioritas. Pada area I dikerahkan 4 kapal yang dilengkapi dengan peralatan deteksi bawah air. Kemudia pada area II, dikerahkan 30 kapal lebih dari Basarnas, Kementerian Perhubungan, Polair, KPLP, Bea Cukai dan lainnya untuk pencarian di permukaan air.

5. Black box masih belum ditemukan

5 Fakta Terbaru Tragedi Kecelakaan Lion Air JT 610en.freshnewsasia.com

Hingga kini pencarian black box Lion Air JT 610 belum menemukan titik terang. Tim SAR juga telah menggunakan multibeam echo sounder sonar yang dapat menyisir adanya logam berat di bawah laut.

"Kita masih mencari khususnya badan utama pesawat dan black box. Sejak pukul 10.30 WIB telah menggunakan multibeam echo sounder sonar tetapi belum melihat sesuatu yang besar di dalam air," kata Kepala Badan SAR Nasional M. Syaugi di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Kecelakaan Pesawat JT 610, Boeing Temui Lion Air

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya