Ini 5 Fakta Boeing 737 MAX 8, Pesawat yang Digunakan Lion Air

Ternyata Boeing 737 MAX 8 baru 2 bulan

Jakarta, IDN Times - Penerbangan Indonesia kembali berduka. Pesawat Lion Air JT 601, dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang ini jatuh di perairan Tanjung Karawang pada Senin (29/10) pagi. Pesawat yang dipakai dalam penerbangan Lion Air JT 610 bukanlah pesawat usang. 

Pesawat ini, tepatnya Boeing 737 MAX 8, adalah salah satu pesawat penerbangan komersial tercanggih yang dipakai maskapai Indonesia. 

Berikut 5 fakta Boeing 737 MAX.

1. Pengiriman pertama ke Lion Air

Ini 5 Fakta Boeing 737 MAX 8, Pesawat yang Digunakan Lion AirInstagram/@lionairgroup

Sejak 2011, Boeing tercatat sudah mengirimkan 4.783 pesawat jenis Boeing 737 MAX ini ke berbagai negara. Meski begitu, pengiriman pertama baru dilakukan pada 2017 dengan mengirimkan 74 pesawat. Pesawat Boeing 737 MAX ini perdana dikirim oleh Boeing ke Malindo Air, perusahaan yang dimiliki oleh Lion Air Group.

Baca Juga: Mengenal Kopaska, Pasukan Khusus yang Ikut Mencari Lion Air JT 610

2. Terbang perdana pada 2016

Ini 5 Fakta Boeing 737 MAX 8, Pesawat yang Digunakan Lion AirInstagram/@lionairgroup

Uji terbang perdana Boeing 737 MAX ini dilakukan pada 29 Januari 2016. Boeing 737 Max 8 edisi perdana, yakni 1A001, dipakai untuk uji aerodinamika. Pesawat ini kemudian dimodifikasi lagi lalu dijual ke operator. Lalu pesawat berikutnya dengan nomor seri 1A002, digunakan untuk tes performa dan mesin. Pesawat 1A003 digunakan untuk uji sistem elektronik pesawat, termasuk fungsi mendarat otomatis.

3. Jadi favorit maskapai di Indonesia

Ini 5 Fakta Boeing 737 MAX 8, Pesawat yang Digunakan Lion AirSumber Gambar: detination.co.id

Letak geografis Indonesia yang wilayah pulaunya dipisahkan oleh lautan, membuat angkutan udara sangat diperlukan. Terdapat empat maskapai Indonesia yang tertarik menggunakan seri 737 MAX. Di antaranya adalah Malindo Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air. Sayang, perusahaan penerbangan yang disebutkan terakhir, tengah mengalami peristiwa kecelakaan dari salah satu pesawatnya.

Baca Juga: Sejumlah Bagian Tubuh Korban Ditemukan di Lokasi Jatuhnya Lion Air

4. Ujung sayap yang unik

Ini 5 Fakta Boeing 737 MAX 8, Pesawat yang Digunakan Lion AirInstagram/@lionairgroup

Boeing 737 MAX 8 ini didesain sebagai pesawat yang memiliki efisiensi bahan bakar dan nyaman untuk penumpang. Dengan melakukan peningkatan di sektor aerodinamika dan mesin pesawat, hal tersebut dapat dicapai oleh B737 MAX 8. Dari segi aerodinamika, B737 MAX 8 mengusung desain winglet (ujung sayap) terbaru, yang dijuluki Scimitar Winglet.

Ujung sayap B737 MAX 8 terlihat seperti dibelah menjadi dua, satu menjulur ke atas dan satu ke bawah. Inilah ciri utama varian B737 MAX. Winglet di ujung sayap berguna untuk memecah turbulensi udara yang terjadi di ujung sayap saat pesawat berjalan dalam kecepatan tinggi.

5. Digunakan hampir di seluruh dunia

Ini 5 Fakta Boeing 737 MAX 8, Pesawat yang Digunakan Lion AirInstagram/@lionairgroup

Begitu diliris pesawat seri 737 MAX, ini banyak menarik perhatian operator penerbangan internasional yang tertarik untuk mengoperasikannya. Ada sekitar 69 maskapai yang telah menggunakan Boeing 737 Max dengan berbagai tipe. 

Tiga di antaranya merupakan armada dari Indonesia. Selain teknologi seperti di atas, beberapa perubahan seperti daya pandang yang lebih luas dan badan pesawat yang lebih lebar juga menjadi daya tarik tersendiri untuk pesawat ini.

Baca Juga: BMKG: Tidak Ada Awan Cumulonimbus saat Lion Air JT 610 Terbang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya