Ternyata Ini Alasan Tim SAR Berseragam Oranye!

Ada tiga alasan tim SAR memilih warna oranye guys

Jakarta, IDN Times - Tim pencarian dan penyelamatan, atau yang biasa dikenal dengan nama SAR (search and rescue), akan selalu hadir di setiap bencana alam atau musibah yang datang tiba-tiba. Pasukan oranye ini akan selalu sigap dalam menyelamatkan korban. 

Mungkin kalian akan bertanya-tanya, kenapa sih seragam dan peralatan penyelamatan tim SAR bewarna oranye? Mau tahu jawabannya guys, baca artikel selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: [BREAKING] Basarnas Temukan Benda Diduga Badan Lion Air JT 610

1. Oranye menarik perhatian mata

Ternyata Ini Alasan Tim SAR Berseragam Oranye!ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang

Warna oranye yang mencolok dan menarik perhatian mata ini memang sangat cocok dipakai untuk objek yang penting, seperti contoh black box. Dalam buku manual SAR yang diterbitkan National Search and Rescue Committee, salah satu cara untuk mempermudah pencarian objek adalah warna. 

Perbedaan warna ini bisa memberikan pembeda, apalagi ketika berada di tengah laut. Tingkat kekontrasan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap situasi sekitarnya, terutama pada cahaya. Dalam sebuah pencarian, mata bisa dengan selektif memilah menggunakan retina tengah. Jika bukan objek yang dicari, maka benda akan dikesampingkan secara otomatis.

2. Oranye bertolak belakang dengan air

Ternyata Ini Alasan Tim SAR Berseragam Oranye!IDN Times/Margith Juita Damanik

Penggunaan warna oranye ini sangat bertolak belakang dengan air. Lain halnya dengan warna kuning dan putih, yang sulit terlihat saat terjadinya ombak, sehingga membiaskan cahaya yang datang. 

Maka dari itu, pemilihan warna oranye sangat tepat, karena dapat dilihat dengan mata telanjang, loh. Oranye sendiri memiliki arti waspada dan siap.

3. Oranye simbol penyelamatan

Ternyata Ini Alasan Tim SAR Berseragam Oranye!IDN Times/Margith Juita Damanik

Selain memudahkan pemilihan objek, oranye juga ternyata memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan manusia loh, yakni melambangkan simbol penyelamatan. Biasanya warna ini juga akan ada di tempat yang berbahaya, gunanya untuk memberitahukan tanda bahaya kepada orang yang akan mendekat. 

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita, ya guys.

Baca Juga: [UPDATE] Hingga Hari Ini, Basarnas Sudah Temukan 49 Kantong Jenazah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya