Comscore Tracker

5 Perusahaan Ini Turut Menggalang Donasi untuk Bencana Palu

Sejumlah bantuan disalurkan

Jakarta, IDN Times - Musibah gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Donggala, Sigi, dan sekitarnya membuat masyarakat Indonesia merasa tergerak untuk mengulurkan bantuan ke daerah-daerah tersebut. Gempa yang terasa menaikturunkan dan menggoyangkan rumah serta seisinya tersebut, diikuti pula dengan terjadinya tsunami. Ditambah lagi dengan adanya fenomena likuifaksi yang memindahkan beberapa rumah sejauh beberapa kilometer.

Pihak dalam negeri dan luar negeri pun sontak mengulurkan bantuan-bantuan yang bisa diberikan. Beberapa lembaga dan perusahaan juga ikut mengambil peran untuk membangun kembali bagian bumi Indonesia yang sedang hancur. IDN Times telah merangkum beberapa perusahaan yang memberikan donasi kepada korban bencana di Sulawesi Tengah.

1. IDN Media

5 Perusahaan Ini Turut Menggalang Donasi untuk Bencana Paluidn.media

Sebagai media yang menjunjung tinggi persatuan, IDN Media merasa juga memiliki tanggung jawab kepada masyarakat untuk dapat menumbuhkan harapan dan semangat bagi semua orang.

Sebab itu, IDN Media menggalang dana untuk para korban bencana di Sulawesi Tengah adalah salah satu cara untuk menumbuhkan harapan baru bagi korban bencana Palu. Kemudian, sebagai bentuk tanggung jawab kepada semua donatur, segala pengeluaran dari donasi #HarapanUntukSulteng akan dipublikasikan secara terbuka dan transparan di IDN Times.

Bagi para pembaca yang ini berdonasi, silahkan kliki link Kitabisa.com/idnsulteng dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Pilih tombol "Donasi Sekarang", lalu masukkan nominal donasi
  2. Pilih metode pembayaran donasi (Transfer bank, Kartu Kredit, Go-Pay)
  3. Segera transfer donasi dengan menyertakan kode unik

Sejauh ini donasi yang terkumpul telah mencapai Rp 147.960.965 pada pukul 11:56 WIB dari target dari target Rp1 milyar.

2. Air Asia

5 Perusahaan Ini Turut Menggalang Donasi untuk Bencana Paluairasia.com

AirAsia telah meluncurkan program penggalangan dana pada tanggal 12 Oktober 2018 untuk memberikan bantuan bagi masyarakat Palu yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami pada 28 September 2018 lalu.

Program #ToIDwithLove berlangsung mulai hari ini hingga 31 Oktober 2018, dengan maksud untuk mengumpulkan donasi yang akan disalurkan melalui Yayasan Arkom Indonesia guna membangun kembali dan meningkatkan ketahanan bencana wilayah yang terdampak musibah.

Donasi dapat disampaikan secara online melalui AirAsia Foundation, badan filantropis Grup AirAsia, di airasiafoundation.com/relieffund. Seluruh donasi yang berhasil terkumpul akan dihitung dan akan diumumkan pada Januari 2019.

Tony Fernandes, CEO Grup AirAsia mengatakan, “Tahun ini sungguh berat bagi Indonesia yang dilanda berbagai bencana. Hati kami tergerak untuk membantu mereka yang mengalami kerugian tak terbayangkan akibat musibah yang terjadi untuk bangkit kembali."

Baca Juga: Kerugian Dampak Gempa dan Tsunami di Palu Mencapai Rp13,82 Triliun

3. Tokopedia

5 Perusahaan Ini Turut Menggalang Donasi untuk Bencana Palutokopedia.com

Tokopedia menyediakan platform untuk memudahkan penggalangan donasi untuk Palu dengan puluhan channel pembayaran yang bisa mempercepat dan mempermudah proses donasi yang diberikan oleh pengguna. Dana yang terkumpul dari donasi para Toppers hingga saat ini berjumlah Rp2,8 miliar (data per 4 Oktober 2018, pukul 15:00 WIB).

Berikut langkah mudah melakukan donasi melalui Tokopedia:

  1. Temukan pilihan “Donasi Palu” di platform Tokopedia, kemudian pilih nominal donasi
  2. Lanjutkan ke proses pembayaran dan pilih metode pembayaran yang dikehendaki

4. Astra International & Astra Group

5 Perusahaan Ini Turut Menggalang Donasi untuk Bencana Paluastra.co.id

PT Astra International Tbk dan perusahaan-perusahaan Grup Astra melalui program Nurani Astra mengalokasikan bantuan pada tahap awal senilai Rp4,5 miliar kepada korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

“Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan agar bantuan dari Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra dapat diterima secara langsung oleh para korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana,” ujar Pongki Pamungkas, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk, Rabu (3/10).

Grup Astra mendirikan telah posko Nurani Astra untuk penanggulangan bencana di Kantor perwakilan PT Astra Agro Lestari Tbk (AAL) di Jl. Garuda No. 59 Lolu Utara, Palu Selatan Kota Palu. Sebanyak 13 personil Search and Rescue Grup Astra telah berangkat dari Jakarta untuk bergabung di posko tersebut.

5. Google

5 Perusahaan Ini Turut Menggalang Donasi untuk Bencana Paluwikimedia/Google Inc.

Google memberikan donasi US$ 1 juta atau sekitar Rp15 miliar, dan juga mengaktifkan fitur SOS Alert untuk memberi info darurat bagi mereka yang terkena dampak bencana ini.

"Kami ikut berduka cita atas gempa bumi dan tsunami di Indonesia. @googleorg dan Googler (karyawan Google) menyumbang US$1 juta untuk mendukung upaya bantuan," kata Chief Executive Officer (CEO) Google, Sundar Pichai, melalui akun Twitter-nya.

Baca Juga: [UPDATE] Dampak Gempa dan Tsunami di Palu, 2.256 Orang Meninggal Dunia

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You