Peneliti Intelijen UI: Peserta Reuni 212 Mayoritas Pendukung Prabowo

Diprediksi massa akan mencapai 300 ribu orang

Jakarta, IDN Times - Ridwan Habib, Peneliti Kajian Intelijen Universitas Indonesia, mengatakan bahwa mayoritas peserta reuni akbar 212 adalah pendukung Prabowo Subianto dan juga Sandiaga Uno sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Faktanya memang begitu. Panitia reuni 212 itu terlibat dalam pemenangan Pak Prabowo," kata Ridwan pada Sabtu (1/12).

1. Terdapat beberapa nama dari tim pemenangan Prabowo-Sandi

Peneliti Intelijen UI: Peserta Reuni 212 Mayoritas Pendukung PrabowoANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Berdasarkan pengamatannya, terdapat nama Neno Warisman yang merupakan anggota Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, sebagai koordinator bidang acara. Ada pula Hassan Haikal, juru kampanye Prabowo-Sandi, serta M. AL Khothoth.

Baca Juga: Reuni PA 212 Undang Pasangan Prabowo-Sandiga dan Jokowi-Ma’ruf Amin

2. Wajar bila Prabowo hadir menyapa pendukung

Peneliti Intelijen UI: Peserta Reuni 212 Mayoritas Pendukung PrabowoInstagram.com/Prabowo Subianto

Menurut Ridwan, dari data analisis media sosial pun menunjukkan mayoritas peserta aksi tersebut adalah pendukung Prabowo. Ia pun mengatakan bahwa wajar bila Prabowo hadir dalam acara tersebut untuk menyapa para pendukungnya. "Kita mudah sekali menelusurinya. Tinggal dibuka saja timeline-nya, akan sangat terlihat mereka yang akan hadir di reuni 212 adalah pro-Prabowo dan bukan pendukung Jokowi," kata Ridlwan.

3. Diharapkan tidak terjadi kerusuhan

Peneliti Intelijen UI: Peserta Reuni 212 Mayoritas Pendukung PrabowoAksi 212 jilid 1 pada 2 Desember 2016 (Facebook/Presiden Joko Widodo)

Ridwan pun mengungkapkan harapannya bagi reuni 212 ini dapat berlangsung aman dan damai. Ia meminta aparat kepolisian untuk mengamankan reuni akbar tersebut untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. "Jangan sampai ada kerusuhan. Supaya tidak ada lagi yang bisa menyalahkan pemerintahan Pak Jokowi," ujar Ridwan.

4. Mayoritas peserta merupakan anggota PKS dan eks HTI

Peneliti Intelijen UI: Peserta Reuni 212 Mayoritas Pendukung PrabowoIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ridwan memprediksi akan ada 300 ribu massa yang menjadi peserta reuni akbar ini. Selain itu Ia juga menyampaikan bahwa mayoritas peserta adalah merupakan anggota PKS dan eks HTI.

"Mayoritas jelas dari anggota PKS karena Presiden PKS, M. Sohibul Iman, sudah mengirimkan surat perintah ke seluruh DPW PKS agar datang. Pak Ismail Yusanto, eks pimpinan HT, juga sudah menyampaikan seruan terbuka di berbagai akun media sosial milik HTI," jelas Ridwan.

Baca Juga: Pengamat Intelijen: Peserta Reuni 212 Mayoritas Massa PKS dan Eks HTI

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya