Comscore Tracker

Ratna Sarumpaet Sebar Hoaks, Kubu Jokowi dan Prabowo Perang Tagar

Ratna Sarumpaet telah mengakui kebohongannya

Jakarta, IDN Times - Anggota tim pemenangan pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ratna Sarumpaet, akhirnya mengungkap kebohongan kasus penganiayaan yang seoalah-olah dialamainya pada Jumat (21/9) di Bandung, Jawa Barat.

Tim Prabowo-Sandi yang sempat menyebar kasus Ratna, sebelum memverifkasi kebenaran kasus tersebut, dianggap menyebarkan hoaks. Karena itu, Prabowo meminta maaf kepada masyarakat atas kesalahan tersebut dan mendesak Ratna keluar dari timnya.

Entah kenapa usai Ratna mengakui kebohongannya dan mengklaim dirinya sebagai pembuat hoaks terbaik, kini dunia maya ramai dengan tanda pagar (tagar) #BapakHoaxNasional. Pendukung Prabowo-Sandi ramai-ramai menggunakan tagar tersebut.

Uniknya, pendukung Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin juga ramai-ramai menggunakan tagar #KoalisiPlastik. Sebelumnya, kedua kubu juga pernah perang tagar, pendukung Prabowo menunggah #2019GantiPresiden dan pendukung Jokowi #2019TetapJokowi. 

Akankah terjadi perang tagar jilid II antara kubu Jokowi dengan Prabowo jelang Pilpres 2019?

1. Tagar #KoalisiPlastik bermula saat Ratna Sarumpaet mengakui kebohongannya ke publik

Ratna Sarumpaet Sebar Hoaks, Kubu Jokowi dan Prabowo Perang TagarTwitter/@RizmaWidiono

IDN Times mencoba menghimpun perang tagar di Twitter hari ini, Kamis (4/10). Beragam komentar warganet diunggah, antara kubu Jokowi dengan Prabowo. Mereka saling berbalas komentar dengan menyertakan tagar. 

Seperti cuitan dari pemilik akun @RizmaWidiono yang mengunggah pepatah dengan bernada sindiran kepada kubu Prabowo. "Ada pepatah yang bunyinya: Karena Ratna Setitik, Sebar Hoax Sekoalisi..." tulis @RizmaWidiono dengan menyertakan tagar #KoalisiPlastik. 

Unggahan tersebut pun di-retweet Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli.

Pemilik akun @kangdede78 juga mengunggah tagar yang sama, seraya mencuit, "Hoax diciptakan oleh pembenci, disebarkan oleh orang bodoh, dipercaya oleh orang dungu." 

Baca Juga: Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Adukan Hoaks Ratna Sarumpaet ke Bawaslu

2. Muncul juga tagar #BapakHoaxNasional hingga trending topic

Ratna Sarumpaet Sebar Hoaks, Kubu Jokowi dan Prabowo Perang TagarTertera

Tak hanya muncul tagar #KoalisiPlastik. Pendukung Prabowo juga ramai-ramai mengunggah tagar tandingan #BapakHoaxNasional. Mereka menyinggung sejumlah program Jokowi yang dianggap mereka tidak ditunaikan.

Seperti cuitan pemilik akun @tamliqon_lukman, yang mengunggah program-program Jokowi seperti pemberian traktor kepada petani di Ponorogo, soal impor garam, hingga membeli kembali saham Indosat.

Pemilik akun @Hndysptr juga mengunggah tagar yang sama dengan cuitan bernada sindiran kepada kubu Jokowi-Ma'ruf. "Bohongnya berkali-kali, eh minta tambah waktu lagi. #BapakHoaxNasional. Malu kali," tulis dia sambil menyertakan emotik tersenyum. 

Sindiran lain juga diunggah pemilik akun @DaengRisty, dengan mencuit, "Dolar tembus 15,200 #BapakHoaxNasional." 

3. Muncul juga tagar lain

Ratna Sarumpaet Sebar Hoaks, Kubu Jokowi dan Prabowo Perang TagarTertera

Tak hanya kedua tagar tersebut, muncul juga tagar lain yang menyindir kubu Prabowo-Sandi, seperti tagar #KoalisiPraBohong dan #KoalisiHoax yang diunggah pemilik akun @mhoersheet.

Namun, dari sekian tagar, yang paling trending adalah tagar #BapakHoaxNasional. Jumlah tweet di Twitter mencapai 66 ribu.

Apakah ini pertanda dimulainya perang tagar jilid II?

https://www.youtube.com/embed/XW84nw5SLzo

Baca Juga: Sandiaga Enggan Melaporkan Ratna Sarumpaet, Begini Alasannya

Topic:

  • Angelia Nibennia Zega
  • Rochmanudin

Just For You