Ternyata Ini Alasan Anggun C Sasmi Berkarier di Luar Negeri

Menurut Anggun, seniman tidaklah boleh cepat puas

Jakarta, IDN Times - Dalam acara Indonesian Women Forum's 2018 pada Jumat (09/11), Anggun C Sasmi atau yang kerap disapa Anggun, membagikan cerita mengenai alasannya memilih berkarier di luar negeri. Ia mengaku bahwa keputusannya untuk melanjutkan karier di luar negeri adalah karena Ia sudah merasa nyaman dengan karirnya di dalam negeri.

Anggun berkata bahwa seorang seniman tidak harus selalu merasa nyaman untuk terus menghidupkan kreativitasnya. Artinya menjadi seniman tidaklah boleh cepat puas dan terus berada di zona nyaman.

1. Selalu teringat pesan sang ayah

Ternyata Ini Alasan Anggun C Sasmi Berkarier di Luar NegeriInstagram.com/anggun_cipta

Anggun pun bercerita mengenai ayahnya yang juga merupakan seorang seniman dan penulis buku. "Bapak sering cerita bahwa seniman kalau udah ngerasa nyaman itu artinya salah satu tanda kematian seni," kata Anggun.

Dia menegaskan bahwa semua orang seharusnya tidak boleh merasa cepat puas dan nyaman. Ketika kenyamanan menghampiri, seseorang cenderung tidak lagi bisa mempertanyakan mengenai pekerjaan kepada dirinya sendiri. "Dan itu yang buat saya pindah dari Indonesia, karena pada saat itu saya udah nyaman sekali," lanjutnya.

2. Beri tantangan pada diri sendiri

Ternyata Ini Alasan Anggun C Sasmi Berkarier di Luar NegeriInstagram/@anggun_cipta

Konsernya di Indonesia selalu penuh dan albumnya selalu jalan. Pada saat itulah Anggun berpikir apa lagi yang harus dilakukannya di Indonesia, hingga akhirnya dia memberi tantangan pada dirinya sendiri untuk merintis karier di luar negeri. Keputusan tersebut mutlak dari Anggun sendiri.

PelantunThe Good Is Back yang masuk tangga Billboard itu merasa bahwa ia harus mencoba sesuatu yang baru. Ia tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya berkarier di luar negeri dan mengenalkan karyanya ke lingkup yang lebih luas jika tidak mengambil keputusan tersebut.

Baca Juga: Inspirasi Pernikahan ala Maia Estianty, Anggun bak Keluarga Bangsawan

3. Menawarkan hal yang beda dari penyanyi lain

Ternyata Ini Alasan Anggun C Sasmi Berkarier di Luar NegeriInstagram.com/christiankretschmar

Anggun merasa beruntung dengan apa yang dicapainya sekarang. Sebelum sukses di Paris, Prancis, Ia pernah mencoba ke Inggris, namun usahanya belum berhasil. Setelah itu, Anggun berencana untuk ke Belanda namun Ia singgah di Paris terlebih dahulu. Dan ternyata, di Parislah Ia mendapat kesempatan untuk melebarkan sayapnya di dunia seni.

"Saya enggak pernah pengin jadi penyanyi trendy. Setiap saya nulis lagu selalu kayak semacam disiplin, gak pernah kepikiran bikin lagu yang kekinian atau yang kata-kata yang gak ada isinya, selalu mau menginspirasi, disiplin," kata Anggun, seperti dikutip dari situs Antara. Ia ingin tampil beda dengan menuliskan lagu yang memiliki kata-kata penuh makna.

Baca Juga: 5 Alasan Sebagian Besar Wanita Karir Memilih Untuk Berstatus 'Single'

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya